Kartu Nikah Digital Mulai Agustus, Warga Bisa Cetak Sendiri

Selasa, 10 Agustus 2021 - 13:09 WIB
loading...
Kartu Nikah Digital Mulai Agustus, Warga Bisa Cetak Sendiri
ilustrasi
A A A
BANDUNG - Warga nantinya bisa melakukan pencetakan atau print out sendiri kartu nikah , setelah pemerintah tak lagi menerbitkan kartu nikah secara fisik. Proses ini diharapkan semakin memudahkan masyarakat.

Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kota Bandung Lukman Hakim mengatakan, dengan mulai berlakunya kartu nikah digital, nantinya warga hanya akan mendapat kartu nikah dalam bentuk file. File tersebut dikirim melalui nomor telepon atau pasangan yang menikah.

"Sekarang kan pendaftaran menikah harus menyatakan nomor telepon atau acara online lewat email. Nanti file kartu nikah digital itu kami berikan melalui email atau nomor telepon itu," kata dia kepada MPI, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Mulai Bulan Ini, Warga Bandung Bakal Terima Kartu Nikah Digital

Menurut dia, proses tersebut diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat. Mereka tidak perlu lagu menunggu proses cetak kartu nikah fisik. Selain itu, mereka juga bisa dengan bebas melakukan print out sesuai kebutuhan.

Kartu nikah digital itu juga bisa di print dalam berbagai ukuran. "Kartu yang sudah diprint ifu bisa dilaminating untuk dibawa atau kebutuhan lainnya," jelas dia.

Ketika ditanya soal potensi pemalsuan, dia memastikan sistem yang dibuat telah aman. Karena kartu nikah tersebut by name by barcode. Sehingga setiap pasangan menikah memiliki barcode sendiri
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)