Kecelakaan di Laut Jawa, Lima ABK KM Eka Jaya 1 Diselamatkan Kapal Asing

Minggu, 08 Agustus 2021 - 11:23 WIB
loading...
Kecelakaan di Laut Jawa, Lima ABK KM Eka Jaya 1 Diselamatkan Kapal Asing
Petugas Basarnas Bali melakukan evakuasi saat penjemputan lima ABK KM Eka Jaya 1 dari Kapal MV Devon Express di tengah laut dekat Pelabuhan Benoa Denpasar, Minggu (8/7/2021).
A A A
DENPASAR - Lima orang anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Eka Jaya 1 selamat setelah kapal mereka mengalami musibah di laut Jawa. Mereka kini berada di Pelabuhan Benoa Denpasar, Minggu (8/7/2021).

"Mereka kita jemput dari Kapal MV Devon Express dan tiba di Pelabuhan Benoa subuh tadi," kata Kasi Operasi dan Kesiapsiagaan Kantor SAR Denpasar (Basarnas Bali) Anak Agung Alit Supartana.

Kelima ABK itu adalah Asep Sunandar asal Sukabumi, Eko Purnomo dan Sasmita asal Karawang, Armin asal Cipinang Jakarta Timur serta Sutarno asal Indramayu.

Baca juga: Tangis Wanita Transgender Pecah di Cilegon, Tubuhnya Disiram Minyak Mendidih Saat Telanjang

Darmada menjelaskan, dari laporan yang diterima, KM Eka Jaya 1 berangkat melaut dari pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, 29 Juli 2021 lalulalu menuju Laut Jawa.

Pada Sabtu (7/8/2021), kapal mengalami kecelakaan pada posisi 03°48'7.00"S - 110°24'2.00"E, tepatnya di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan.

Kelima ABK selanjutnya diselamatkan Kapal MV Devon Express berbendera Luxembourg yang saat itu berlayar dari Singapura menuju Australia. Mereka lalu dibawa ke Pelabuhan Benoa.

Alit mengatakan, penjemputan dilakukan dengan dua unit speed boat berjarak 2 NM dari Pelabuhan Benoa. "Ada sedikit kendala angin kencang dan ombak. Namun setelah dilakukan komunikasi dengan awak Kapal MV Devon Express, evakuasi berhasil dilaksanakan," ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)