Relawan Vaksinasi-Tracing, Ridwan Kamil: Kami Butuh 22 Ribu Mahasiswa

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 17:43 WIB
loading...
Relawan Vaksinasi-Tracing, Ridwan Kamil: Kami Butuh 22 Ribu Mahasiswa
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam Rakor Virtual Mobilisasi Relawan Mahasiswa PPKM Jawa-Bali dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (6/8/2021) malam. Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat membutuhkan sekitar 22.000 mahasiswa yang akan bertugas untuk mempercepat program vaksinasi COVID-19 dan tracing atau pelacakan kontak erat.

Baca juga: Gadis Cantik Putri Mendiang Ricky Jo Ini Jadi Calon Paskibraka Nasional

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, hingga saat ini, mahasiswa yang sudah menjadi relawan penanganan COVID-19 baru sekitar 1.500 orang dari berbagai perguruan tinggi di Jabar.

Baca juga: Disebut Punya Randis Rubicon Bupati Banjarnegara : Tudingan Itu Menjatuhkan Saya

"Existing sekarang kurang lebih 1.500 relawan dari universitas yang sudah konfirmasi dan lima universitas lagi sedang dalam proses pendataan. Mudah-mudahan bisa lebih banyak. Kami butuhnya 22.000 orang," kata Ridwan Kamil dalam Rakor Virtual Mobilisasi Relawan Mahasiswa PPKM Jawa-Bali dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (6/8/2021) malam.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil menuturkan, sesuai arahan pemerintah pusat, khusus relawan vaksinasi akan difokuskan bagi mahasiswa tahap akhir dari fakultas kedokteran. Mereka yang sudah memenuhi syarat akan diproyeksikan menjadi petugas vaksinator.

Adapun target vaksinasi di Jabar akan ditingkatkan hingga empat kali lipat. Dari target 150.000 dosis per hari menjadi 500.000 dosis per hari. Menurut Kang Emil, peningkatan target vaksinasi bertujuan untuk mengejar target kekebalan kelompok (herd immunity) akhir 2021 mendatang.

"Target vaksinasi Jabar kan dari 150.000 per hari kami naikkan menjadi 500.000 per hari. Sehingga untuk mengejar itu kami butuh lebih banyak relawan. Kami masih cari kekurangan 15 ribu lagi dari berbagai pihak. Mudah-mudahan vaksinasi Jabar Desember bisa tercapai sesuai target," tutur Kang Emil.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, target vaksinasi COVID-19 secara nasional saat ini 2,5 juta orang per hari. Pemerintah pun akan menjamin ketersediaan vaksin.

"Kita mau 2,5 juta vaksin perhari secara nasional dan sudah mulai dan saya lihat kecepatannya sudah bagus karena vaksinnya ada dan cukup," kata Luhut.

Menurut Luhut, pelibatan relawan mahasiswa tahap akhir fakultas kedokteran dalam membantu vaksinasi sudah melalui kesepakatan dengan berbagai pihak, seperti Kemendikbudristek, BNPB, TNI-Polri, pemerintah daerah, serta BEM universitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)