Pemkot Tasik Buka Ruang Publik secara Bertahap saat New Normal Diterapkan

Kamis, 28 Mei 2020 - 21:36 WIB
loading...
Pemkot Tasik Buka Ruang Publik secara Bertahap saat New Normal Diterapkan
Plaza Asia, salah satu ruang publik yang akan dibuka secara bertahap saat new normal diterapkan. Foto/INEWSTv/Asep Juhariyono
A A A
TASIKMALAYA - Pemkot Tasikmlaya berencana membuka sejumlah ruang publik di Kota Tasikmalaya secara bertahap fase tatanan normal baru atau new normal diterapkan.

Fase new normal di Kota Tasikmalaya akan mulai diberlakukan pada hari Senin 1 Juni 2020, bersamaan dengan seluruh daerah di Jawa Barat. (BACA JUGA: Kota Tasikmalaya Akan Akhiri PSBB, Sambut Tatanan Normal Baru )

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kota Tasikmalaya dihentikan pada 29 Mei 2020, semua aktivitas akan kembali normal secara bertahap.

Tetapi, segala bentuk kegiatan yang dilakukan harus selalu menerapkan protokol kesehatan. "Nanti akan dilakukan secara bertahap mulai dari ruang publik hingga sejumlah tempat wisata dapat mulai beroperasi kembali," kata Budi, Kamis (28/5/2020). (BACA JUGA: Pangdam Siliwangi: Kawal New Normal Jabar, Personel TNI Disebar di 500 Area Publik )

Menurut Wali Kota, fase new normal harus dilaksanakan karena tidak mungkin Pemkot Tasikmalaya terus memberlakukan PSBB. Sementara di sisi lain kehidupan masyarakat, mulai dari sektor ekonomi, sosial, dan budaya, harus tetap berjalan.

Namun, ujar Budi, kehidupan normal tak bisa langsung begitu saja diterapkan karena tidak menutup kemungkinan bisa terjadi gelombang kedua penyebaran COVID-19. (BACA JUGA: Pasien Sembuh di Jabar Tembus Empat Kali Lipat dari Meninggal )

Kesadaran masyatakat sangat dibutuhkan untuk bersama-sama terus menerapkan protokol kesehatan selama fase new normal diberlakukan.

Seperti, pengelola pusat-pusat perdagagangan dan perekonomian harus tetap melakukan pengawasan dalam pelaksanaan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

"Kita akan melakukan pengaturan dalam pemberlakukan sanksi bagi mereka yang melanggar. Pemberlakuan fase new normal juga akan terus dievaluasi," ujar dia.

Terkait sektor pendidikan, Budi menuturkan, Pemkot Tasikmalaya belum bisa mengambil keputusan. Pembukaan sekolah-sekolah harus menunggu keputusan pemerintah pusat dan provinsi.

"Kemungkinan ada alternatif ekstrem, yaitu tahun ajaran baru akan dilakukan mulai awal tahun nanti. Hal ini sangat mungkin terjadi. Kita tunggu dan lihat saja nanti," tutur Budi.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)