Sekat Kanal Bantu Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut di Rokan Hilir

Selasa, 03 Agustus 2021 - 11:43 WIB
loading...
Sekat Kanal Bantu Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut di Rokan Hilir
Sekat kanal membantu proses pemadaman dan mencegah meluasnya musibah kebakaran lahan gambut di Desa Sei Segajah Makmur, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Foto/Ist
A A A
ROKAN HILIR - Sekat kanal membantu proses pemadaman dan mencegah meluasnya musibah kebakaran lahan gambut di Desa Sei Segajah Makmur, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Peristiwa kebakaran itu awalnya terjadi pada Selasa, 20 Juli 2021.

Baca juga: Musim Kemarau Tiba, Kebakaran Lahan Gambut Mulai Terjang Ogan Il

Kepala Desa Sei Segajah Makmur, Dwi Rimawan menuturkan, awal kebakaran berupa sumber api di Desa Sungai Segajah Jaya. Setelah satu hari, api mulai masuk ke wilayahnya. "Habis maghrib baru masuk ke wilayah saya, cukup luas," katanya, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Alokasikan Sewa Helikopter Rp600 Juta

Api yang membakar lahan tersebut, lanjut Dwi, berkembang sangat cepat lantaran rata-rata kondisinya berupa ilalang kering. "Jadi dalam hitungan jam luasan (kebakarannya) sudah hektaran," ungkapnya.

Akses jalan menuju desa yang relatif baik kondisinya membuat proses penanganan kebakaran cepat dilakukan. Tapi tantangannya yaitu proses menjangkau air yang bersumber dari sekat kanal yang berjarak 500 meter.



Meski begitu, sekat kanal yang dibangun Badan Restorasi Gambut (BRG) pada 2018-2019 itu mampu menjadi penyokong pemadaman api, terdapat 25 unit sumur bor dan 28 unit sekat kanal. "Pemanfaatannya sangat luar biasa," ucapnya.

Dwi menyontohkan pada saat kebakaran, TNI/Polri mengambil air dari sekat kanal. Begitu pun dengan helikopter. "Semua yang membantu pemadaman mengambil airnya dari sekat kanal," jelasnya.

Dia menceritakan pengalaman mengenai pemanfaatan sekat kanal pada 2015, saat terjadi kebakaran selama 29 hari. Saat itu kondisi lahan yang kering memperparah kebakaran.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2442 seconds (11.210#12.26)