Oksigen Gratis Pemprov Jawa Timur Sudah Layani 2.366 Pemohon

Selasa, 03 Agustus 2021 - 11:22 WIB
loading...
Oksigen Gratis Pemprov Jawa Timur Sudah Layani 2.366 Pemohon
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan tempat pengisian oksigen gratis untuk pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di wilayah Malang Raya, di halaman Bakorwil Malang
A A A
SURABAYA - Minat warga untuk melakukan isi ulang oskigen di depo isi ulang gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) cukup tinggi.

Dari data Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim menunjukkan, hingga Senin (2/8/2021) pukul 19.30 WIB, ada sebanyak 4.052 warga yang mengajukan isi ulang.

Dari jumlah tersebut, yang sudah dilayani sebanyak 2.366 orang dan yang masih belum terlayani sebanyak 130 orang. Sedangkan dalam status dibatalkan sebanyak 1.556 orang. Program isi ulang oksigen gratis ini melayani warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terinfeksi COVID-19.

"Warga yang ingin memanfaatkan isi ulang oksigen gratis ini, harus datang langsung ke lokasi dengan membawa tabung sendiri. Dalam sehari warga diperbolehkan melakukan isi ulang dua kali dalam sehari," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Pemprov Jawa Timur Mulai Gelar Vaksinasi Bagi Difabel dan Dosis Ketiga Bagi Nakes

Depo pengisian oksigen gratis ini berlokasi di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim Jalan Ahmad Yani, 268 Surabaya. Lalu di Kantor Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah Sidoarjo (UPTD PPD) Sidoarjo Jalan Pahlawan, Sidoarjo. Kemudian di kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Malang Jalan Simpang Ijen Kota Malang. Terakhir di Samsat Baru Kota Gresik.

Secara rinci, untuk depo oksigen gratis di kantor Dishub Jatim total pemohon oksigen tercatat 1.466 orang. Dari jumlah itu 836 orang sudah terlayani dan yang belum sebanyak 52 orang.

Sedangkan sisanya sebanyak 578 pemohon dalam status dibatalkan. Sedangkan untuk di UPTD PPD Sidoarjo, tercatat total pemohon 1.417 orang. Dari jumlah itu yang sudah dilayani sebanyak 784 orang dan yang belum terlayani sebanyak 14 orang. Sedangkan sisanya 619 pemohon dalam status dibatalkan.

Untuk depo isi ulang oksigen di Bakorwil III Malang, tercatat sudah 1.135 pemohon. Dari jumlah itu sebanyak 727 pemohon sudah terlayani. Sedangkan 59 masih belum dilayani, dan sisanya 349 pemohon dalam status dibatalkan. Sementara untuk depo isi ulang oksigen Samsat Baru Kota Gresik, sudah melayani 19 pemohon oksigen gratis, dari total 34 pendaftar.

Pengisian ulang oksigen gratis ini beroperasi 24 jam. Persyaratannya, masyarakat dapat terlebih dahulu mengisi formulir secara online, melalui website infocovid19.jatimprov.go.id. Di website tersebut diharapkan bisa mencantumkan hasil PCR Test atau Swab Antigen bagi yang belum sempat menjalani PCR namun sudah membutuhkan supply oksigen.

Setelah mengisi secara online, masyarakat yang sudah mendapatkan tiket, bisa datang ke stasiun pengisian di lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Termasuk membawa bukti PCR Test atau swab Antigen serta tabung berukuran 1 m³.

"Stok oksigen saat ini cukup. Hanya kecepatan dari pemenuhan dari kebutuhan itu harus semuanya proaktif. Saya berharap akan lebih banyak lagi tempat pengisian oksigen gratis untuk pasien yang isoman," tandas Khofifah.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)