Pedagang di Kawasan Pantai Baron Gunungkidul Kian Terjepit, Menyerah dan Kibarkan Bendera Putih

Minggu, 01 Agustus 2021 - 22:02 WIB
loading...
Pedagang di Kawasan Pantai Baron Gunungkidul Kian Terjepit, Menyerah dan Kibarkan Bendera Putih
Tampak bendera putih yang dipasang para pedagang di tempat dagangannya sebagai ungkapan putus asa dan menyerah terhadap PPKM darurat yang diberlakukan pemerintah. Foto: iNewsTV/Kismaya Wiboro
A A A
GUNUNGKIDUL - Para pelaku wisata di Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul mulai mengibarkan bendera putih , para pedagang ini mengaku sudah putus asa dengan kondisi yang membuat hidup mereka kian terjepit .

Apalagi paska kebijakan pemerintah yang menutup obyek wisata dan membuat para pedagang ini kehilangan mata pencaharian mereka

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang dilaksanakan oleh pemerintah membuat mereka semakin terpuruk, sehingga membuat jumlah pemilik usaha yang berada di kawasan Pantai Baron Gunungkidul mulai mengibarkan bendera putih.



Para pedagang mengaku mengibarkan bendera putihkarena sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa untuk tetap bertahan hidup di tengah pandemi COVID 19 seperti saat ini. Terlebih kebijakan pemerintah yang dirasa sangat memberatkan perekonomian warga.

Pengibaran ini dilakukan oleh para pedagang dilakukan sejak sepekan terakhir, dimana bendera putih dikibarkan di sejumlah warung – warung makan milik para pedagang.



Di satu sisi mereka harus tetap bertahan hidup, bagi mereka yang memiliki lahan sementara beralih bercocok tanam ataupun menekuni profesi yang lain, tetapi bagi mereka yang menggantungkan hidupnya hanya dari sektor pariwisata tentu harus memutar otak untuk tetap bertahan hidup.

Di Pantai Baron saat ini, ada 560 orang pedagang yang selama ini aktif menjajakan dagangannya. Mereka kian terjepit karena pemerintah tidak pernah memberikan solusi terkait dengan kebijakan-kebijakan larangan untuk berwisata. “Pemerintah seolah melakukan pembiaran terhadap para pelaku wisata untuk bertahan hidup,” kata Wawan Wijayanto, salah seorang pedagang di Pantai Baron.



Para pedagang berharap, adanya kebijakan yang berpihak kepada rakyat kecil agar mereka tetap dapat bertahan hidup di masa pandemi, mengingat sudah hampir 2 tahun pendapatan mereka terganggu akibat kebijakan penutupan pariwisata.

Pedagang pun meminta kepda pemerintah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang saat ini tengah dialami pedagang. “Kami berharap ada kebijakan pemerintah, yakni pembukaan pariwisata dengan jumlah batasan tertentu dan tetap mengedepankan protokoler kesehatan,” tambah Zulkarnain, pemilik usaha Kampung Baron.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)