Baru Tercapai 40 Persen, Kota Bandung Bakal Dapat Jutaan Vaksin pada Agustus

Sabtu, 31 Juli 2021 - 04:47 WIB
loading...
Baru Tercapai 40 Persen, Kota Bandung Bakal Dapat Jutaan Vaksin pada Agustus
ilustrasi
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung memastikan bakal menerima jutaan vaksin pada Agustus mendatang, menyusul pencapaian vaksinasi baru sekitar 40 persen dari target 1,9 juta warga. Kiriman vaksin tersebut diharapkan mempercepat terbentuknya kekebalan komunal.

“Alhamdulillah beberapa kali mengikuti rapat dengan Pak Presiden dan Menkes, Insya Allah di bulan Agustus ini jauh akan bertambah banyak vaksin," kata Yana.

Dia mengungkapkan, tak hanya Sinovac, Kota Bandung juga akan memperoleh tambahan vaksin dari merk lain seperti Pfizer dan AstraZeneca. Oleh karena itu, Yana semakin optimis target capaian herd immunity di Kota Bandung pada akhir tahun bisa tercapai.

Yana mengatakan, untuk menciptakan kekebalan kelompok memang membutuhkan dukungan seluruh elemen masyarakat. Menurut Yana, pelaksanaan vaksinasi di Kota Bandung sudah baik. Dari 1,9 juta target penduduk yang harus divaksin sudah mendekati angka 40 persen.

“Angka capaian alhamdulillah baik. Kita juga diapresiasi karena capaian target vaksinasi kita sudah jauh dan hampir mendekati 40 persen.” ujarnya.

Baca juga: Kisah Getir Penjual Agar-agar Beli Nasi Padang Rp5 Ribu, Donasi Terkumpul Rp100 Juta

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat Dani Ramdan mengatakan, pihaknya menargetkan vaksinasi bagi 56.000 orang di Jabar. Dengan fokus melakukan penetrasi di 10 kecamatan di Bogor. Masing-masing kecamatan 3.000 orang yang divaksin.

Menurut dia, vaksinasi dilakukan tiga kali yakni pada 26 dan 28 Juli serta 2 Agustus mendatang. Dia berharap masing-masing pelaksanaan diikuti 30.000 orang.

Dia berharap, langkah ini akan meminimalisasi risiko kematian akibat terpapar virus tersebut. Dani mengakui ini merupakan pekerjaan tidak mudah, terlebih jika mengingat jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta jiwa.

Secara keseluruhan, target vaksinasi mencapai 70-80% atau sekitar 37 juta jiwa. Oleh karena itu, sentra vaksinasi diperlukan untuk memperbanyak jumlah warga yang divaksin. "Angka yang sangat besar, tidak mungkin dicapai dengan cara yang biasanya butuh 10 tahun," kata dia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menjelaskan, sasaran vaksinasi di daerahnya sebanyak 4,2 juta jiwa dari total jumlah penduduk 5,7 juta jiwa. Untuk mencapai 20%, menurutnya diperlukan 1,2 juta jiwa yang ditargetkan tercapai hingga Agustus mendatang.

Di luar sentra vaksinasi yang bekerjasama dengan BPBD Jawa Barat, pihaknya menggelar vaksinasi setiap Senin dan Rabu di masing-masing Puskesmas dengan target harian 2 ribu orang. "Totalnya 160 ribu per minggu. Kami lakukan di 40 kecamatan," ucapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)