TNI AL Bantu Evakuasi 5 ABK KM Nur Star yang Terdampar di Sitaro

Jum'at, 30 Juli 2021 - 10:40 WIB
loading...
TNI AL Bantu Evakuasi 5 ABK KM Nur Star yang Terdampar di Sitaro
TNI AL berhasil membantu evakuasi lima anak buah kapal (ABK) KM Nur Star yang terdampar di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yanag menyelamatkan diri meninggalkan KM. Foto SINDOnews
A A A
SITARO - TNI AL berhasil membantu evakuasi lima anak buah kapal (ABK) KM Nur Star yang terdampar di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Kelima ABK tersebut menyelamatkan diri meninggalkan KM Nur Star yang mengalami kerusakan mesin menggunakan perahu kecil jenis Pakura.

Setelah dua hari terhempas arus dan terdampar di dua tempat yang berbeda yakni dua orang di Kampung Buhise dan tiga orang di Kampung Lia Siau Timur, mereka akhirnya berhasil dievakuasi oleh Pos TNI AL Siau.

Sebelumnya Pangkalan Utama TNI (Lantamal) VIII Manado menerima laporan dari Babinpotmar Bitung tentang adanya Kapal Motor (KM) Nur Star yang hanyut karena kerusakan mesin di tengah cuaca buruk saat sedang mencari ikan di sekitar Perairan Pulau Lembah Bitung.

Berdasarkan informasi tersebut Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya memerintahkan Asops Danlantamal VIII untuk melakuan Search and Rescue (SAR) terhadap kapal tersebut. Dengan mengerahkan KAL Patola II-VIII-27 upaya SAR dilakukan sekitar Perairan Pulau Lembeh Bitung.

"Setelah beberapa saat di tengah cuaca buruk KAL Patola II-VIII-27 melakukan SAR kapal tersebut tidak ditemukan. Selanjutnya Asops Danlantamal VIII menerima informasi dari satuan samping bahwa kapal tersebut telah berada di Perairan Sitaro," kata Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, Jumat (30/7/2021). Baca juga:
TNI AL Selamatkan ABK MT. St Katherinen yang Jatuh di Laut Natuna

Berdasarkan informasi tersebut Asops Danlantmal VIII berkoodinasi dengan Danlanal Tahuna untuk melakukan SAR terhadap kapal yang hanyut di sekitar Perairan Sitaro. Selanjutnya Danlanal Tahuna mengerahkan Pos TNI AL Siau untuk melakukan SAR dan berhasil melakukan evakuasi terhadap kelima ABK yang terdampar di dua Kampung di Kecamatan Siau Timur.

"Kepada masyarakat nelayan kami mengimbau agar saat melaut selalu memperhatikan keadaan cuaca, jika cuaca buruk diupayakan untuk tidak melaut. Hal ini untuk menjaga agar kejadian serupa tidak terjadi lagi," ujar Danlantamal VIII Manado.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)