Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Hadapi Pandemi, Puan Maharani: Jaga Selalu Nyala Api Optimisme Bangsa Kita

loading...
Hadapi Pandemi, Puan Maharani: Jaga Selalu Nyala Api Optimisme Bangsa Kita
Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap bersatu dan gotong royong membangun optimisme di tengah pandemi COVID-19. Foto dok/SINDOnews
JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang belum berakhir, bisa saja memupus segala harapan anak bangsa. Untuk itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap bersatu membangun optimisme di tengah pandemi COVID-19 ini.

Menurut Puan, kebesaran hati semua elemen bangsa ini untuk berempati dan berkontribusi positif sangat dibutuhkan dalam menghadapi masa-masa sulit seperti sekarang ini. Baca juga: Soal Oknum TNI AU, Puan: Jangan Buat Aparat Jadi Sosok Menakutkan Bagi Rakyat

“Tumbuhkan dan jaga selalu nyala api optimisme bangsa kita di tengah ancaman COVID-19. Jangan saling tuding atau justru menyalahkan pihak-pihak yang sedang dan terus bekerja keras untuk menangani pandemi ini demi menyelamatkan anak bangsa,” kata Puan Maharani di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Puan mengatakan bahwa pandemi virus corona menginfeksi siapa saja tanpa memandang suku, agama, ras, dan kelompok. Oleh karenanya, segala perbedaan harus dikesampingkan untuk bersama-sama melawan virus yang sudah menggoyahkan sendi kehidupan bangsa dua tahun ini.



“Singkirkan segala perbedaan untuk menjawab persoalan kemanusiaan ini dengan berempati dan bergotong-royong. Agar kita bisa melakukan yang terbaik untuk membantu menanggulangi wabah ini,” kata mantan Menko PMK itu.

Sekadar diketahui, hasil riset Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) yang dilakukan pada 26 Mei hingga 2 Juni 2021 menunjukkan tingkat resiliensi orang Indonesia pada berbagai tingkat usia cenderung redah. Padahal, resiliensi masyarakat saat ini sangat diperlukan untuk menghadapi tekanan dan ketidakpastian selama masa pandemi.

Hasil penelitian itu menunjukkan, daya tahan psikis sebagian besar responden turun dengan cepat setelah mengalami peristiwa emosional yang signifikan. Selain itu, sebagian besar responden tidak tahan terhadap stress maupun sakit.

Sebagian besar responden yang diteliti sulit membuat strategi untuk kembali ke keadaan normal setelah mengalami situasi sulit dan terpukul. Bahkan, tidak sedikit yang pesimistis dalam memandang masa depan. Baca juga: Tidak Urgen, Puan Didesak Batalkan Fasilitas Hotel untuk Isoman Anggota DPR

Puan Maharani mengimbau agar seluruh komponen bangsa tetap menjaga persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa. Kebersamaan sangat dibutuhkan di tengah pandemi saat ini. Optimisme yang lahir dari masing-masing pribadi mesti menular dengan cepat agar pemulihan bias segera terwujud di nusantara.

“Yang kita butuhkan saat ini adalah imun, rasa empati, dan gotong royong yang kuat untuk bisa sama-sama keluar dari masa-masa sulit ini. Bukannya ucapan yang saling melemahkan dan mengikis persatuan,” ujarnya.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top