Ketua Forum Rektor Indonesia Harap Perguruan Tinggi Jadi Solusi Hadapi Situasi Saat Ini

Rabu, 28 Juli 2021 - 08:23 WIB
loading...
Ketua Forum Rektor Indonesia Harap Perguruan Tinggi Jadi Solusi Hadapi Situasi Saat Ini
Ketua FRI 2021-2022 Prof Panut Mulyono. Foto Dok Humas UGM
A A A
SLEMAN - Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Prof. Panut Mulyono berharap perguruan tinggi dapat menjadi bagian dari solusi dalam menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian. Akademisi harus progresif dan berada di jajaran depan agar dapat memberikan jalan keluar bagi permasalahan bangsa.

“Mari bersama-sama kita bergerak secara kolaboratif agar potensi yang ada di masing-masing institusi kita bisa bersinergi sehingga dampaknya untuk kemajuan bangsa menjadi jauh lebih besar,” kata Panut dalam pidato pengukuhan sebagai ketua FRI periode 2021-2021, saat Konvensi Kampus XXVII dan Temu Tahunan XXIII FRI 2020 secara virtual, dengan UGM sebagai tuan rumah,Selasa (27/7/2021). Baca Juga: Adik Bungsu Mahfud MD Ramaikan Bursa Calon Rektor Unitomo Surabaya

Panut mengatakan bahwa pendidikan tinggi saat ini tengah menghadapi tantangan yang luar biasa. Pandemi COVID-19 mengakibatkan krisis di sektor kesehatan dan ekonomi. Namun, disatu sisi wabah COVID-19 kian mempercepat disrupsi, masyarakat kini merasakan akselerasi adopsi teknologi digital.

“Karenanya berharap FRI bisa menjadi pelopor agar perguruan tinggi selalu inovatif untuk melihat sisi terang dari setiap persoalan yang dihadapi bangsa,” paparnya.

Selain itu FRI juga mengajak perguruan tinggi Indonesia untuk berpikir terbuka terhadap kompetisi serta menjadi adaptif tanpa mengesampingkan nilai dan karakter dasar yang menjadi ciri khas pendidikan tinggi Indonesia serta dapat menyikapinya dengan inovatif di tengah disrupsi dan perubahan yang terjadi secara cepat, sehingga pendidikan tinggi Indonesia menjadi institusi yang adaptif dan tetap relevan/

“Mari menjadikan FRI ini sebagai sebuah rumah bersama yang senantiasa membuat kita progresif dalam menghadapi persoalan dan kolaboratif dalam memberikan solusi,” ungkapnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4797 seconds (0.1#10.140)