Kampung Taipa di Pesisir Danau Matano Jadi Lokasi Wisata

Selasa, 27 Juli 2021 - 16:36 WIB
loading...
Kampung Taipa di Pesisir Danau Matano Jadi Lokasi Wisata
Suasana Kampung Taipa di pesisir Danau Matano, Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Foto: SINDOnews/Fitra Budin
A A A
LUWU TIMUR - Jika Anda sedang mencari lokasi wisata dengan suasana alam yang asri, Kampung Taipa di pesisir Danau Matano, Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan mungkin bisa jadi pilihan.

Kampung ini terletak persis di pesisir Danau Matano. Suasana alam di sekitar lokasi masih terjaga dengan pepohonan yang rimbun. Pengunjung pun bisa menikmati sejuknya air Danau Matano.

Baca juga:Kominfo Latih 26 Ribu UMKM di 10 Destinasi Wisata Agar Tetap Cuan Selama Pandemi

Di lokasi, pengelola membangun beberapa vila bagi pengunjung untuk menginap. Ada juga beberapa titik yang disiapkan pengelola untuk pengunjung membangun tenda.

"Di Kampung Taipa juga kami siapkan lantai-lantai khusus tamu yang ingin memasang tenda camping," jelas Kasi Pengembangan Pariwisata Luwu Timur, Hendro, Selasa (27/7).
Kampung Taipa di Pesisir Danau Matano Jadi Lokasi Wisata

"Selain menawarkan panorama danau yang menawan, di tempat ini juga pengunjung dapat menikmati kesejukan hutan yang asri, banyaknya pepohonan menjadi tempat berbagai jenis burung dan kupu-kupu berkeliaran," sambung Hendro.

Baca juga:Tol Serang-Panimbang Bikin Kawasan Wisata Tanjung Lesung Melejit

Hendro menyampaikan, lokasi wisata ini sudah dibuka sejak tiga bulan lalu. Hanya saja saat ini, pengunjung dibatasi maksimal 30 orang saja. Ia menyampaikan, Kampung Taipa adalah area privat bagi tamu.

"Paket wisata khusus 3 hari 2 malam akan mengajak tamu berkunjung ke Kampung Matano, kali dingin dan pulau," kata dia.

Baca juga:Kemenparekraf Dukung Geopark Maros Pangkep Masuk UNESCO Global Geopark

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa Kampung Taipa dikenal juga sebagai Kampung Tua. Wilayah ini dahulu dihuni Suku To Taipa. Nantinya, di wilayah tersebut juga akan dibangun museum."Museum Taipa akan mengoleksi benda-benda sejarah hasil temuan di dasar Danau Matano," kata dia.

Kampung Taipa berada kurang lebih 6 kilometer dari pelabuhan Desa Sorowako. Pelancong dapat mengakses Kampung Taipa dengan menggunakan transportasi air.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1849 seconds (11.210#12.26)