ASN Pemkot Makassar Bakal Diwajibkan Pakai BBM Ramah Lingkungan

Rabu, 21 Juli 2021 - 14:54 WIB
loading...
ASN Pemkot Makassar Bakal Diwajibkan Pakai BBM Ramah Lingkungan
Pertamina Regional Sulawesi saat silaturahmi dengan Wali Kota Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Program Langit Biru Pertamina mendapatkan respons positif dari masyarakat. Hal itu terlihat dari adanya perubahan proporsi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan di Kota Makassar.

Tercatat, sejak program berjalan pada 21 Maret hingga saat ini, proporsi konsumsi BBM Ramah Lingkungan dengan Oktan 90 ke atas seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo mencapai 86% dibandingkan konsumsi BBM Oktan 88 atau Premium yang proporsinya hanya 14%.

Melihat perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan apresiasi dan siap mendukung penuh Pertamina untuk Program Langit Biru. Pada masa PPKM ini Pertamina masih memberikan promo dengan tujuan memberikan pengalaman berkendara menggunakan BBM Ramah Lingkungan kepada masyarakat.



"Program Langit Biru ini merupakan program untuk berubah atau changes ke kebiasaan baru (new normal). Program ini berkontribusi untuk lingkungan dengan mengurangi emisi gas karbon, biaya maintenance dan keawetan mesin pun jadi lebih baik,” ungkap Danny, Rabu (21/7/2021).

Dalam mendukung penerapan gaya hidup ramah lingkungan, Danny mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan meminta seluruh jajaran pemerintahan untuk menggunakan BBM Ramah Lingkungan.

“Ke depan melalui Surat Edaran, saya akan meminta seluruh kendaraan dinas dan ASN serta keluarganya diwajibkan menggunakan BBM Ramah Lingkungan demi menjaga langitnya Makassar,” tambahnya.

Plt Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulsel, Ambo Masse yang turut hadir pada pertemuan tersebut, menyampaikan dari sisi konsumen perlu edukasi literasi akan pentingnya penggunaan BBM Ramah Lingkungan yang berkaitan dengan dampaknya pada lingkungan, kesehatan dan kualitas mesin itu harus terus digaungkan.

"Makassar sebelumnya sudah jauh ketinggalan untuk penggunaan BBM Ramah Lingkungan dibandingkan kota-kota besar di Indonesia. Adanya peningkatan penggunaan BBM Ramah Lingkungan ini sudah baik dan harus terus digaungkan dan diedukasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)