Rumah Ketua PPP KBB Disatroni Maling, Modusnya Bertamu Gondol HP dan Uang Kurban

Selasa, 20 Juli 2021 - 18:17 WIB
loading...
Rumah Ketua PPP KBB Disatroni Maling, Modusnya Bertamu Gondol HP dan Uang Kurban
Penampakan pria yang diduga pelaku pencurian di rumah ketua PPP Bandung Barat.
A A A
BANDUNG BARAT - Aksi pencurian dengan modus bertamu ke rumah warga yang berada di Jalan Raya Simpang, Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Senin (19/7/2021) siang terekam kamera CCTV.

Wajah pelaku terlihat jelas dalam kamera CCTV usai melakukan aksinya dan keluar dari sebuah lorong rumah. Pelaku berambut pendek yang mengenakan jaket dan membawa tas selendang kecil itu, terlihat setengah berlari untuk melarikan diri. Dia lantas menyetop dan naik sebuah angkot menuju arah Cimahi.

Rumah Ketua PPP KBB Disatroni Maling, Modusnya Bertamu Gondol HP dan Uang Kurban


Pemilik rumah yang menjadi korban pencurian adalah Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP), KBB, Samsul Ma'arif. Dia pun harus kehilangan HP beserta nomor dan data-data penting yang ada dalamnya. Termasuk uang Rp5 juta yang akan dipakai untuk kegiatan operasional kurban beserta jajaran pengurus DPC.

Baca juga: Angka Kematian COVID-19 Tinggi, Pemprov Jabar Diminta Siapkan Lahan Pemakaman Baru

"Kejadiannya kemarin (Senin) sekitar jam setengah dua siang. Saya kebetulan lagi mandi setelah pulang menghadiri acara dari luar kota," kata Samsul saat dikonfirmasi, Selasa (20/7/2021).

Dia menerangkan, pelaku mengambil HP dan uang dalam amplop di kamar, karena akses pintu kamarnya memang terpisah dari akses utama ke rumah. Pelaku masuk dengan pura-pura bertamu dan akan bertemu dirinya. Hal itu dikatakan kepada seorang pembantunya yang sedang mengecat rumah dan sang istri yang sempat memergokinya.

"Ke rumah saya kan memang sering banyak tamu yang datang, baik untuk urusan pribadi atau partai. Makanya istri saya gak curiga ketika pelaku mengaku tamu dan mau ketemu saya. Pas udah beraksi, pelaku bilang ke istri mau ambil kerupuk yang ketinggalan di luar, ternyata itu alasan buat kabur," sambungnya.

Dirinya baru sadar kalau HP dan uang di kamar hilang seusai mandi dan hendak rapat ke kantor DPC PPP. Lantas dia melihat dari CCTV dan ternyata terlihat pelaku yang kabur usai keluar dari rumahnya. Bahkan berdasarkan keterangan warga, sebelum beraksi di rumahnya, pelaku sempat bertamu ke rumah RT dan mengaku sebagai tamunya Pak RT yang kebetulan saat itu lagi tidak di rumah.

Baca juga: Petugas Belum Deteksi Ada Indikasi Pergerakan Anonymous dari KBB

"Waktu itu yang nerimanya Ibu RT dan bilangnya minta ongkos buat pulang ke Plered. Makanya dengan kejadian ini warga harus hati-hati kalau ada orang tidak dikenal datang bertamu, apalagi di tengah kondisi seperti sekarang," kata Anggota DPRD KBB Periode 2008-2019 ini.

Dikonfirmasi terpisah, Kanit Reskrim Polsek Padalarang, Ipda Ecep Karniman mengaku telah menerima laporan kasus pencurian tersebut. Pihaknya juga sudah mendatangi lokasi kejadian dan meminta keterangan dari korban serta sejumlah saksi. "Kita sedang dalami kasus tersebut dan sudah meminta keterangan dari korban serta saksi, termasuk mengamankan rekaman CCTV," ucapnya singkat.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)