Begini Penjelasan Pakar Unair Soal Pasien COVID-19 Meninggal Akibat Interaksi Obat

Selasa, 20 Juli 2021 - 04:13 WIB
loading...
Begini Penjelasan Pakar Unair Soal Pasien COVID-19 Meninggal Akibat Interaksi Obat
Dr. dr. Meity Ardiana SpJP(K), Pakar Kesehatan dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga . SINDOnews/Aan
A A A
SURABAYA - Kabar banyaknya pasien COVID-19 meninggal akibat interaksi obat yang menyebabkan asidosis laktat membuat banyak warga gelisah. Apalagi banyak berseliweran kabar tersebut di berbagai media sosial.

Dr. dr. Meity Ardiana SpJP(K), Pakar Kesehatan dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga menuturkan, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah bahwa kombinasi obat pada pasien COVID-19 menyebabkan asidosis laktat.

“Penyebab asidosis laktat itu sendiri bermacam-macam dan kita harus memahami patofisiologi terjadinya asidosis laktat sebelum serta-merta menyimpulkan penyebab asidosis laktat pada pasien COVID-19 adalah karena interaksi obat,” kata Meity, Senin (19/7/2021).

Ia melanjutkan, ketika seseorang terinfeksi COVID-19, kekurangan oksigen yang terjadi pada derajat sedang hingga berat dapat menyebabkan timbulnya asidosis laktat. Sementara asidosis laktat yang terjadi dapat menyebabkan peningkatan keasaman darah yang juga dapat memperberat kondisi pasien seperti sesak nafas atau penurunan kesadaran. Sehingga, dapat disimpulkan jika kondisi COVID-19 dan asidosis laktat saling memperberat satu sama lain.

Terkait interaksi obat, katanya, setiap dokter yang memberi peresepan obat pada pasien tentu sudah menimbang manfaat maupun risiko interaksi obat yang dapat terjadi. Dokter akan memilih golongan obat dengan risiko interaksi paling minimal bagi pasien.

Dr. Meity juga mengatakan, obat yang perlu dikonsumsi antara satu pasien COVID-19 dengan pasien lainnya tentu berbeda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni terkait apakah seseorang tergolong pasien dengan gejala ringan, sedang atau berat dan apakah pasien tersebut sedang menjalani opname atau isolasi mandiri.

“Disarankan untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen yang memang sudah terbukti secara ilmiah dapat mencegah atau mempercepat kesembuhan COVID-19 sesuai rekomendasi yang ada,” ungkapnya. Baca: Medan Gempar, Seorang Penggali Kubur Tewas Digorok Ponakan.

Ia menambahkan, rekomendasi untuk pencegahan saat ini adalah dengan memberikan multivitamin yang mengandung vitamin C, B, E, Zinc, dan vitamin D. Fitofarmaka juga dapat diberikan karena telah teregistrasi oleh BPOM. “Perlu diingat bahwa vitamin adalah suplemen, dimana fungsinya hanya untuk menambah nutrisi dari makanan sehari-hari,” ujarnya.

Dr. Meity berpesan agar masyarakat tidak perlu melakukan panic buying terhadap obat-obatan dan vitamin yang dipercaya dapat menyembuhkan COVID-19. Dia mengungkapkan apabila pola makan sehat dapat dijaga, maka kebutuhan mikro dan makronutrien yang dapat mencegah infeksi COVID-19 maupun virus dan penyakit lain akan dapat terpenuhi. Baca Juga: Hari Pertama Operasi Pekat, Polres Kotamobagu Amankan Puluhan Miras Cap Tikus.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)