DKPP Pastikan Kesehatan Hewan Kurban di Berbagai Titik Penjualan

Senin, 19 Juli 2021 - 06:06 WIB
loading...
DKPP Pastikan Kesehatan Hewan Kurban di Berbagai Titik Penjualan
Pemeriksaan hewan kurban dilakukan untuk memastikan kesehatannya sebelum didistribusikan di berbagai rumah potong hewan. SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya melakukan pemeriksaan kesehatan bagi hewan kurban di berbagai titik lokasi penjualan hewan, Minggu (18/7/2021).

Kepala DKPP Kota Surabaya, Yuniarto Herlambang menuturkan, pemeriksaan itu telah dilakukan sejak minggu lalu. Setiap harinya, tim yang sudah dibentuk oleh Herlambang sebanyak enam kelompok berkeliling melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di setiap lapak penjualan.

Hasilnya, ratusan hewan kurban dinyatakan sehat dan layak dikonsumsi masyarakat. “Alhamdulillah ratusan hewan yang telah diperiksa aman dan siap disembelih,” kata Herlambang.

Ia melanjutkan, pemeriksaan ini dilakukan meliputi beberapa pengecekan kondisi tubuh bagian. Diantaranya yakni kesehatan mata, bulu, mulut, gigi, termasuk lendir dari hidung hewan kurban itu sendiri.

“Setelah pemeriksaan kesehatan, lalu pada hari H setelah disembelih dagingnya kita periksa lagi. Biasanya lokasinya berada di masjid-masjid,” jelasnya.

Tak hanya itu, Herlambang mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan di hari pertama sampai dengan saat ini, tidak ditemukan hewan kurban yang dijual oleh para pedagang dengan kondisinya sakit. Artinya, semua hewan sehat dan siap untuk dikorbankan.

Namun begitu, dia mengurai ada beberapa hewan yang diberi vitamin agar lebih fit kondisinya. “Nah yang seperti itu kita pantau. Kita beri vitamin dan kami datangi lagi. Itu biasanya butuh suplemen tambahan. Tapi semuanya kesehatannya fit,” katanya.

Herlambang menambahkan, semua ini rutin dilakukan setiap menjelang Hari Raya Idul Adha untuk memastikan kesehatan hewan kurban sebelum disembelih dan dikonsumsi oleh masyarakat. Baca juga: Cegah Kerumunan, Pengelola Tak Bagikan Daging Kurban di Masjid Al Azhar

Tak hanya memastikan kondisi kesehatan saja, tim yang diterjunkan ini juga memantau protokol kesehatan (prokes) para pedagang. “Seperti menyiapkan tempat cuci tangan, sabun untuk pengunjung serta wajib mengenakan masker,” katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)