Indonesia Jadi Negara Maju 2045, Ini Pesan Mendalam Ridwan Kamil untuk Anak-anak Jabar

Jum'at, 16 Juli 2021 - 00:20 WIB
loading...
Indonesia Jadi Negara Maju 2045, Ini Pesan Mendalam Ridwan Kamil untuk Anak-anak Jabar
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil membuka Tahun Ajaran 2021-2022 dan PLS bagi Siswa Baru via konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (15/7/2021). Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membukaTahun Ajaran 2021-2022 dan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi Siswa Baru dari Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung , Kamis (15/7/2021).

Kegiatan yang digelar secara virtual tersebut juga dirangkaikan denganPembinaan Peningkatan Pemahaman Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan serta Pendidikan Kepramukaan.

Dalam sambutannya, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyebut.Indonesia berpotensi menjadi negara maju pada 2045 mendatang atau saat 100 tahun Indonesia merdeka. Oleh karenanya,kemajuan Indonesia berada di tangan anak-anak muda.



Menurut Kang Emil, Indonesia akan memiliki bonus demografi, di mana sebagian besar masyarakatnya berusia produktif pada 2045 mendatang. Karenanya, kata Kang Emil, anak-anak Jabar harus meningkatkan keterampilan dan kompetensinya.

"Di tahun 2045 itu 100 tahun Indonesia merdeka, Indonesia bisa jadi juara dunia atau bisa jadi kalah. Kalau jadi juara dunia, anak-anaknya harus punya skill yang kompetitif, skill yang produktif karena 70 persen warga Indonesia di 2045 adalah anak-anak muda," ungkapnya.

Kang Emil tidak menghendaki anak-anak muda Jabar menjadi beban negara. Sebaliknya, anak-anak muda Jabar harus mampu menjadi mesin dan pahlawan bagi negara.

"Saya tidak mau anak-anak muda ini menjadi beban negara, harusnya menjadi mesin negara. Anak-anak muda bukan menjadi pengemis ke negara, tapi harusnya menjadi anak-anak muda yang jadi pahlawan untuk negara," tuturnya.



Agar hal itu terwujud, kata Kang Emil, ada empat hal yang harus dimiliki oleh anak-anak Jabar untuk membawa Indonesia menjadi negara maju. Pertama, harus memiliki fisik kuat, salah satunya dengan cara menjaga pola makan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2485 seconds (0.1#10.140)