Gabungan Tokoh Papua Dukung Otsus Jilid II, Ini Pernyataan Sikapnya

Kamis, 15 Juli 2021 - 01:10 WIB
loading...
Gabungan Tokoh Papua Dukung Otsus Jilid II, Ini Pernyataan Sikapnya
Tokoh Adat, Agama, Pemuda Papua saat menggelar rilis terkait demo penolakan Otsus. Foto: MPI/Edy Siswanto
A A A
SENTANI - Gagungan tokoh Papua menyatakan dukungannya kepada pemerintah untuk perpanjangan UU Otonomi Khusus (Otsus) di Papua yang segera ditetapkan oleh DPR-RI di Senayan. Mereka bahkan meminta agar tidak ada demo menolak Otsus Jilid II Papua.

Dukungan tersebut dituangkan dalam pernyataan sikap yang disampaikan gabungan tokoh Papua yang terdiri dari Ondofolo Yanto Ohee, selaku Ketua Presedium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) sekaligus Koordinator Forum Indonesia Bersatu Tanah Papua,didampingi Pdt. Coto Mauri S.Th, selaku Tokoh Agama, Sem Kogoya, Wakil Ketua Koordinator Pengendali Masyarakat Pegunungan Tengah Papua, Martinus Kasuai selaku Ondoafi Greminawa.



Selain itu juga hadir, Beni Tesia, Tokoh Masyarakat Greminawa, Neil Manobi selaku Tokoh Pemuda Sentani, Rudi Yappo Samori sebagai Ketua Barisan Merah Putih Kabupaten Jayapura, Eroll Marweri Ketua KNPI Kabupaten Jayapura dan David Ohee selaku Pengurus KNPI Kabupaten Jayapura.

“Menyikapi dinamina sehubungan akan ditetapkannya kelanjutan Otsus Papua oleh DPR RI. Hari ini saya bersama para tokoh dari unsur Adat, Agama, Pemuda dan lainnya yang tergabung dalam Forum Indonesia Bersatu di Tanah Papua mengeluarkan pernyataan sikap resmi,” tegas Ondofolo Yanto, membuka pernyatan sikap.



Dia menegaskan, bersama-sama berkomitmen untuk menjaga kedamaian di Tanah Papua. “Kami yang mewakili seluruh Unsur Forum Indonesia Bersatu menyampaikan sikap, dan kami harap ini merupakan kontribusi kami dari Forum Indonesia Bersatu untuk Papua yang lebih baik, aman dan damai,"tegasnya.

Berikut pernyataan sikap Forum Indonesia Bersatu di Tanah Papua yang dibacakan Sem Kogoya:

1. Menyikapi situasi dan kondisi serta dinamika yang berkembang di atas tanah Papua, terkait keberlanjutan otsus Papua dengan tegas menolak segala bentuk aksi unjuk rasa / demo penolakan terhadap kelanjutan otsus Papua kami menghimbau agar seluruh elemen dan komponen masyarakat Papua baik mahasiswa dan masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan situasi yang kondusif aman dan damai di tanah Papua.

2. Kami para tokoh yang tergabung dalam wadah forum Indonesia bersatu di tanah Papua telah bersepakat untuk mendukung kelanjutan pelaksanaan otsus Papua dengan pertimbangan sebagai berikut bahwa:
A. Masyarakat saat ini sangat membutuhkan dukungan anggaran otsus untuk membiayai sektor kebutuhan pokok pendidikan, kesehatan, dan pembangunan sektor masyarakat
B. Otsus Papua harus segera di implementasikan dengan regulasi untuk kepentingan masyarakat Papua bukan untuk kepentingan para pejabat korup Papua.
C. Para pejabat papua" Politisi Intelektual agar tidak memanfaatkan komponen mahasiswa, ormas dan masyarakat untuk melakukan aksi-aksi penolakan terhadap keberlanjutan otsus Papua.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)