Mitigasi Puncak Gelombang Kedua Pandemi, RS PKT Tingkatkan Kapasitas

Rabu, 14 Juli 2021 - 07:35 WIB
loading...
Mitigasi Puncak Gelombang Kedua Pandemi, RS PKT Tingkatkan Kapasitas
Penyerahan bantuan dari PKT bagi lima rumah sakit di sekitar Bontang, Kalimantan Timur untuk mendukung penanganan COVID-19. Foto/Ist
A A A
BONTANG - Lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi saat ini berdampak terhadap kurangnya fasilitas Rumah Sakit (RS). Peningkatan kapasitas RS menjadi fokus Pupuk Kaltim (PKT) untuk memitigasi puncak gelombang kedua COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) .

Baca juga: Karawang Masuk Zona Hitam COVID-19, Bupati Cellica Ancam Pidanakan Industri Nakal

Selain itu fasilitas akses tes COVID-19 di RS PKT yang menjadi satu-satunya RS di Bontang yang memiliki Laboratorium Biomolekuler Polymerase Chain Reaction (Lab PCR) dimaksimalkan.

Baca juga: Ular Piton Sepanjang 8 Meter Gemparkan Warga Bungo

Sejak didirikan pada September 2020 lalu hingga 7 Juli 2021, laboratorium tersebut telah melakukan tes 36 ribu lebih spesimen dari karyawan, keluarga karyawan dan masyarakat.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi mengatakan, sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang fokus memaksimalkan sinergi perusahaan BUMN dalam penanganan pandemi, PKT secara aktif terus membantu penanganan dan mitigasi COVID-19. Peningkatan kapasitas RS dilakukkan baik secara fasilitas maupun keamanan dan kesehatan para nakes. Hal menjadi fokus perusahaan guna memitigasi lonjakan puncak gelombang kedua pandemi.

"Selain memastikan kapasitas, pelayanan dan penanganan maksimal di RS PKT yang juga salah satu RS rujukan penanganan COVID-19. PKT juga turut memberikan beragam dukungan dan bantuan bagi lima RS di Bontang," kata Rahmad dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/7/2021).

Dalam hal peningkatan kapasitas RS PKT, tercatat tambahan kamar ICU khusus COVID-19 menjadi total 9 kamar detngan fasilitas kesehatan lengkap termasuk ventilator, ruang isolasi dengan total 110 tempat tidur. Selain itu terdapat satu alat donor plasma konvalesen, 400 APD bagi tenaga medis, paket penambah imun bagi 180 orang tenaga medis hingga lebih dari 100 box supply makanan bagi para nakes per harinya telah disalurkan ke lima rumah sakit dan puskesmas di sekitar Bontang.

Sejumlah sembako dan hidangan siap makan juga telah disalurkan oleh perusahaan bagi ratusan masyarakat Bontang yang sedang menjalani isolasi mandiri. Guna mempercepat proses distribusi bantuan, PKT juga memberdayakan para mitra binaan perusahaan dalam memproduksi APD dan menyalurkan sembako serta hidangan siap makan.

"Kemampuan dan keahlian perusahaan dalam memproduksi oksigen juga diharapkan mampu mempercepat distribusi bagi rumah sakit yang sedang membutuhkan," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)