Evaluasi PPDB 2021, LBP2 Jabar: Peserta Didik Lebih Mudah Mengakses Sistem

Rabu, 14 Juli 2021 - 06:03 WIB
loading...
Evaluasi PPDB 2021, LBP2 Jabar: Peserta Didik Lebih Mudah Mengakses Sistem
Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Jawa Barat menyoroti pelaksanaan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SMA/SMK dan sederajat di Provinsi Jabar. Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
BANDUNG - Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Jawa Barat menyoroti pelaksanaan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) tingkat SMA/SMK dan sederajat di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Ketua LBP2 Jabar, Asep B Kurnia menuturkan, pihaknya selalu memberikan catatan dalam pelaksanaan PPDB di Jabar setiap tahunnya. Berdasarkan evaluasi pihaknya, Asep menyatakan, pelaksanaan PPDB 2021 Jabar lebih lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Secara umum, PPDB untuk SMA, SMK, dan SLB di 2021 ini, khususnya di Provinsi Jabar saya rasa sudah berjalan khususnya provinsi Jawa barat saya rasa sudah berjalan cukup baik," ungkap Asep, Selasa (13/7/2021).

Menurut Asep, perbaikan pelaksanaan PPDB 2021 di Jabar ditandai dengan semakin mudahnya calon peserta didik baru dalam mengakses sistem pendaftaran, termasuk pengecekan hasil PPDB secara daring.

"Dimana hal tersebut sempat menjadi catatan pada pelaksanaan PPDB sebelum-sebelumnya di Jabar. Saya menggarisbawahi, terutama di tahun kemarin, untuk daerah Bodebek itu terjadi sangat kacau, tapi sekarang sudah ada perbaikan," jelasnya.

Meski begitu, Asep tak menampik bahwa masih ada pihak-pihak yang kecewa dalam pelaksanaan PPDB 2021Jabar. Menurutnya, dalam setiap aturan seleksi apapun, pastilah ada pihak yang merasa kecewa dan tidak.

Bagi pihak yang kecewa, kata Asep, akan merasa bahwa sistem yang diterapkan tidak adil. "Namun, kita harus jujur bahwa sistem yang dibuat Disdik (Disdik) Jabar dalam PPDB 2021 memang sudah jauh lebih baik," ujarnya.

"Sekarang kan semua sudah terakomodir by sistem dengan sangat rapih jadi anak anak bisa mendaftarkan dengan web juga. Di daerah daerah lain bisa down, kalau di Jabar lancar," sambung Asep.

Bahkan, lanjut Asep, bila berkaca pada beberapa tahun ke belakang, peristiwa server down sempat terjadi dalam pelaksanaan PPDB di Jabar hingga menyebabkan calon peserta didik baru kesulitan mendaftar. "Artinya, makin lama makin baik dan itu perlu ditingkatkan kembali ke depannya," tegasnya.

Untuk diketahui, belum lama ini, Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya menyatakan, menemukan beberapa dugaan maladministrasi PPDB 2021 tingkat SMA/SMK di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi (Bodebek).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)