Stadion Bertaraf Internasional Banten Selesai Dibangun Akhir Tahun Ini

Selasa, 13 Juli 2021 - 06:40 WIB
loading...
Stadion Bertaraf Internasional Banten Selesai Dibangun Akhir Tahun Ini
Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) saat meninjau pembangunan stadion dengan standar FIFA (Federation Internationale de Football Association)
A A A
SERANG - Akhir tahun ini masyarakat Provinsi Banten sudah bisa menikmati stadion bertaraf internasional. Stadion tersebut dibangun di Kawasan Sport Center, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang. Saat iini pembangunanya sudah mencapai 55,9 persen.

Stadion berstandar internasional milik Pemerintah Provinsi Banten ini dirancang mempunyai lima lantai dengan kapasitas 38 ribu penonton. Stadion yang menjadi kebanggaan warga Banten ini berdiri di lahan seluas 78.116 meter persegi.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyatakan, stadion tersebut dibangun dengan standar FIFA (Federation Internationale de Football Association), Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional. Rumput yang digunakan adalah zoysia matrella yang diimpor langsung dari Italia. Ini merupakan jenis rumput lapangan sepak bola yang menjadi standar FIFA.

Gubernur WH mengatakan, ini adalah sport center sekaligus stadion berstandar internasional pertama di Banten. Pemilihan Kota Serang sebagai lokasinya, lantaran strategis dan upaya memajukan Kota Serang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Banten.

Dia menuturkan, semenjak menjadi Manajer Persita dan Ketua Persikota, dirinya memimpikan Banten memiliki stadion yang memenuhi standar FIFA untuk kemajuan sepak bola dan olahraga di Banten. "Kami membangun sport center untuk memberikan fasilitas olahraga yang bertaraf internasional bagi masyarakat Banten, khususnya masyarakat Banten bagian Barat," katanya.

Stadion Banten menjadi awal pembangunan Sport Center Banten di Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang. Setelah stadion, selanjutnya akan dibangun venue atau arena olah raga lainnya, seperti lapangan voli, softball, bulutangkis, hingga fasilitas pendukung seperti danau.

Selain itu, menurut gubernur yang akrab disapa WH ini, stadion akan dilengkapi lintasan atletik dengan lima lintasan lari. "Stadion ini nantinya juga multifungsi untuk kegiatan lain," ujar WH saat meninjau pembangunan Stadion Banten, Kamis (8/7/2021).

Sport Center tersebut disiapkan sebagai arena olahraga yang memenuhi standar untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga ajang olahraga tingkat Asia.

“Ini paling tidak multifungsi, pinggirannyakan bisa (digunakan untuk) MTQ Nasional. Begitu juga ketika ada kegiatan besar lainnya bisa dimanfaatkan,” kata WH.

Pemprov Banten akan menyelesaikan pembangunan stadion ini pada Desember 2021. Dalam kunjungannya Gubernur WH optimis, pembangunan sport center bisa selesai pada Desember 2021 tahun ini.

Gubernur meminta dukungan dan doa seluruh masyarakat Banten agar pembangunannya lancar. “Do’akan Provinsi Banten akan memiliki stadion yang megah dan akan menjadi fasilitas olah raga di wilayah barat yang memadai,” tuturnya.

Inovasi dari sisi konstruksi, kontraktor Stadion Banten, yaitu PT Pembangunan Perumahan (Persero) menerapkan beberapa inovasi, antara lain metode khusus dalam pembuatan bekisting balok tribun miring, memproduksi fabrikasi precast tribun onsite, dan pengecoran dua pilar utama.

Dalam pengecoran dua pilar utama, kolom miring dengan pengecilan dimensi kolom utama 2.000 x 1.000 mm dan dimensi kolom support 1.000 x 1.000 mm dilakukan pengecoran kolom utama dan sipport secara bersamaan di section dua pada elevasi + 8.00 m. Inovasi ini akan dilakukan dalam pembangunan proyek-proyek lainnya. Advertorial
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2663 seconds (0.1#10.140)