Sentra Vaksinasi COVID-19 di Tiga Stasiun Segera Diterapkan

Selasa, 06 Juli 2021 - 07:40 WIB
loading...
Sentra Vaksinasi COVID-19 di Tiga Stasiun Segera Diterapkan
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak meninjau kesiapan berdirinya sentra vaksinasi di stasiun Gubeng, Surabaya
A A A
SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak berkoordinasi dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya untuk memastikan kesiapan berdirinya sentra vaksinasi di stasiun Kereta Api (KA).

Emil mengatakan, rencana berdirinya sentra vaksinasi di stasiun KA merupakan instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menyatakan, sentra vaksinasi akan didirikan di beberapa bandara dan stasiun. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat vaksinasi COVID-19 di Indonesia, terutama di Jatim.

"Sudah ada beberapa stasiun yang sudah memiliki fasilitas ini, salah satunya di Jatim adalah di Kabupaten Jember. Untuk langkah awal (di Stasiun Gubeng Surabaya) akan disiapkan tenaga vaksinator terlebih dahulu dan satu tenaga screening. Paling cepat, besok sudah mulai diterapkan," ujar Emil.

Baca juga: Wagub Emil Dardak Ajak Penyintas COVID-19 Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

Adapun kendala yang ditemukan, Emil menyampaikan, bahwa sebanyak 10 tenaga kesehatan (nakes) di Stasiun Gubeng Surabaya saat ini tengah melakukan isolasi mandiri (Isoman). Sehingga yang tersisa hanya 1 nakes saja.

"Insya Allah dengan ada satu nakes ini, tadi kami sudah berkomunikasi lewat Dinkes Provinsi dan Kota Surabaya dan disambut baik. Memang tenaga kesehatan di Surabaya saat ini semua sedang fokus melakukan vaksinasi massal supaya tercapai targetnya. Apalagi saat ini usia 12 sampai 17 tahun juga bisa divaksinasi," jelas Emil.

Mantan Bupati Trenggalek ini juga mengatakan, kegiatan vaksinasi di Stasiun Gubeng Surabaya sepenuhnya akan mengandalkan nakes dari klinik KAI. Disamping itu, pelaksanaannya akan diampu puskesmas terdekat di sekitar stasiun.

Dalam waktu dekat, sebut Emil, persiapannya akan diterapkan juga di seluruh Stasiun KA di bawah naungan PT KAI Daop 8 Surabaya, yakni di Stasiun Pasar Turi Surabaya dan Stasiun Malang. "Oleh karena itu KAI Daop 8 Surabaya akan segera berkoordinasi dengan Kadinkes. Kami akan tembusi dan ikut mengawal," ujar Emil.

Baca juga: httpsPasien COVID-19 Kabur dari Rumah Sakit dengan Jarum Infus masih Menancap di Tangan

Sementara terkait suplai vaksin dan P-Care (aplikasi vaksin), rencananya akan disuplai dari puskesmas terdekat. "Dari Stasiun Gubeng akan berlanjut di Stasiun Malang yang kemungkinan bisa disertifikasi pelatihan vaksinasinya, agar tahu cara menscreening pasien," jelas Emil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)