Tangis Keluarga Menitik Saat Menjemput 5 Nelayan yang Terhempas hingga Malaysia

Minggu, 04 Juli 2021 - 00:14 WIB
loading...
Tangis Keluarga Menitik Saat Menjemput 5 Nelayan yang Terhempas hingga Malaysia
Suasana haru menyelimuti pemulangan lima nelayan Indonesia, yang dihantam cuaca buruk angin puting beliung di Selat Malaka beberapa waktu lalu. Foto/iNews TV/Yudha Bahar
A A A
MEDAN - Hujan tangis mengiringi pertemuan lima nelayan Indonesia , dengan keluarganya. Kelima nelayan itu berhasil selamat, setelah perahunya dihempas angin puting beliung di perairan Selat Malaka, hingga tenggelam di perairan Malaysia.



Kelima nelayan ini bisa dipulangkan, dan dijemput menggunakan KRI Kerambit-627, berkat hasil kerjasama Pemerintah Indonesia, dengan Pemerintah Malaysia, setelah para nelayan Indonesia tersebut diselamatkan Agensi Penguatkuasaan Maritim (APM) Malaysia.



Dipimpin Letkol Laut Kurniawan Kus, KRI Kerambit-627 berhasil membawa pulang lima nelayan asal Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Kelima nelayan tersebut yakni Dedy (36), Shahjemi (18), Tawakkal (16), Faisal (35), dan Muhammad Reza (14).



Para nelayan ini disambut penuh haru oleh anggota keluarganya di Lantamal 1 Belawan. Para orang tua dari nelayan-nelayan muda tersebut, tak kuasa menahan air mata karena mengira anak mereka tidak selamat.

Menurut nahkoda kapal, Dedy, kapal kapal ikannya bertolak dari Belawan, pada Jumat (25/6/2021). "Setiba di Selat Malaka, kapal nelayan dihantam angin puting beliung pada Jumat (2/7/2021) pukul 02.00 dini hari, sehingga terbalik dan tenggelam. Memakai alat seadanya, akhirnya kami selamat dan terdampar di Pulau Jarak Malaysia," terangnya.



Danlantamal 1 Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono mengatakan, setelah mendapatkan informasi keberadaan lima nelayan tersebut, Pemerintah Indonesia melakukan koordinasi dengan Pemerintah Malaysia untuk melakukan pemulangan. "Selanjutnya, kelima nelayan diperbolehkan pulang bersama keluarga, setelah melakukan swab antigen dan mengikuti protokol kesehatan," tuturnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)