Raih 69 Suara, Khofifah Jadi Ketua Umum IKA Universitas Airlangga

Sabtu, 03 Juli 2021 - 18:42 WIB
loading...
Raih 69 Suara, Khofifah Jadi Ketua Umum IKA Universitas Airlangga
Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA), Khofifah Indar Parawansa periode 2021-2025. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) masa bakti 2021-2025. Khofifah terpilih setelah menang mutlak pada pemilihan yang berlangsung di Airlangga Convention Center, Surabaya, Sabtu (3/7/2021).

Baca juga: Artis Dangdut Seksi Positif COVID-19 Tolak Isolasi, Ngamuk Maki-maki Anggota TNI AD di Jalan

Khofifah meraih sebanyak 69 suara, Paulus Totok Lusida sebanyak 13 suara, Abdul Kadir sebanyak 6 suara dan Dimas Oky Nugroho sebanyak 3 suara.

Baca juga: Keterlaluan! Mobil Ambulans COVID-19 Dirampok di Rejang Lebong Bengkulu

Tokoh alumni UA Prof Dr Muchammad Zaidun mengapresiasi terpilihnya Khofifah. Mantan anggota Dewan Etik Hakim Konstitusi ini mengungkapkan karakter yang dibutuhkan bagi sosok pimpinan IKA UA adalah integritas dan kebersamaan.

Zaidun yakin, semua kandidat memiliki kompetensi Tersebut. "Tapi, untuk Khofifah ada pengecualian, dia sudah terbukti. Dia paling siap di antara kandidat alumni yang lain," ucap Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Airlangga ini.

Khofifah Indar Parawansa dilahirkan di Surabaya, 19 Mei 1965 dari keluarga petani. Latar belakang keluarga yang bukan priyayi maupun pengusaha membentuknya menjadi sosok pengabdi nusa dan bangsa yang telah melanglang buana di level nasional.

Ia mengawali pengabdiannya di dunia politik menjadi anggota DPR RI sejak tahun 1992 hingga 2009. Bahkan, di usia 33 tahun Khofifah Indar Parawansa dijuluki 'Singa Podium' karena keberaniannya mengkritisi Rezim Orde Baru.

Perjalanan hidupnya di lembaga eksekutif juga begitu cemerlang. Dua kali Khofifah Indar Parawansa mendapatkan kepercayaan untuk menjadi menteri.

Kini, Khofifah Indar Parawansa seolah pulang kampung. Setelah 26 tahun berkarir di Jakarta ia diamanati warga Jawa Timur memimpin Jatim yang menjadi salah satu barometer nasional. Segudang prestasi telah ia torehkan selama setengah periode kepemimpinannya di Jatim.

Tahun 2019, Khofifah menerima penghargaan dari Rektor Unair sebagai alumnus berprestasi. Khofifah dipandang sebagai alumnus yang memiliki segudang prestasi dan reputasi di kancah nasional maupun internasional. Sehingga turut mengharumkan nama kampus UA.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3812 seconds (0.1#10.140)