Tangkal Bahaya Terorisme, Satgas TMMD Sosialisasi ke Kolaka Timur

Sabtu, 03 Juli 2021 - 04:23 WIB
loading...
Tangkal Bahaya Terorisme, Satgas TMMD Sosialisasi ke Kolaka Timur
Kodim 1412 Kolaka, melalui program TMMD ke-111 menggelar sosialisasi bahaya terorisme yang dipusatkan di Aula kantor Desa Ulundoro, Aeere, Kolaka Timur, Sultra, Jumat (2/7/2021). Foto/Ist
A A A
KOLAKA TIMUR - Paham radikal di Indonesia sudah ada sejak awal kemerdekaan. Pemerintah bersama sejumlah komponen, termasuk TNI selalu membentengi masyarakat terhadap ancaman paham tersebut dengan melakukan sosialisasi agar selalu cinta tanah air.

Baca juga: Percikan Api Menyambar Bensin, Kapal Ikan Terbakar Hebat di Perairan Kolaka

Seperti yang dilakukan Kodim 1412 Kolaka , melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111, dengan melakukan sosialisasi bahaya terorisme yang dipusatkan di Aula kantor Desa Ulundoro, Kecamatan Aeere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Brebes Gempar, 4 Pegawai Toko Emas Butuh Waktu 2 Jam Hitung Uang Hasil Mengemis untuk Beli Emas

Komandan SSK selaku pemateri, Letda Chb Muchlis dalam pemaparannya mengatakan, paham radikal merupakan salah satu ancaman keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Faktor heterogenitas atau kemajemukan masyarakat Indonesia menjadi penyebab paham radikal masih tumbuh di masyarakat hingga saat ini," ungkapnya.

Sedangkan, paham radikal di wilayah sentral bagian Indonesia Timur mulai bermunculan. "Potensi radikalisme antara lain adanya konflik komunal, bentrok antar kelompok masyarakat, paham ideologi lain, unjukrasa anarkis, konflik politik, geng motor dan teroris," ujarnya.

Sementara faktor yang mempengaruhi munculnya paham radikalisme karena adanya persaingan kepentingan, pendidikan formal dan informal, rasa tidak puas, tayangan kekerasan di media sosial dan kesenjangan sosial.

"Namun yang paling utama, berdasarkan amanah undang undang melalui Inpres Nomor 2 tahun 2013, penanganan gangguan keamanan dalam negeri merupakan tanggung jawab segenap komponen bangsa," terangnya.

Oleh karena itu, melalui sosialisasi tersebut, Satgas TMMD mendorong agar masyarakat selalu mewaspadai setiap aktivitas yang menyimpang, dan melaporkan ke pemerintah setempat dan pihak keamanan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7461 seconds (0.1#10.140)