Pemakaman Naik 4 Kali Lipat, Petugas TPU Cikadut Dapat Bantuan APD

Rabu, 30 Juni 2021 - 00:19 WIB
loading...
Pemakaman Naik 4 Kali Lipat, Petugas TPU Cikadut Dapat Bantuan APD
Petugas lapangan TPU Cikadut khusus COVID-19 mendapatkan bantuan alat pelindung diri (APD) dari Pemerintah Kota Bandung. SINDOnews/Arif
A A A
BANDUNG - Petugas lapangan TPU Cikadut khusus COVID-19 mendapatkan bantuan alat pelindung diri (APD) dari Pemerintah Kota Bandung. Bantuan tersebut sebagai respons atas tinggi nya proses pemakaman jenazah COVID-19 saat ini.

Bantuan yang diberikan berupa 114 stel baju hazmat, 57 pasang sepatu boot, 57 pasang sarung tangan karet, 114 strip vitamin, 57 paket sembak o, dan 1 set P3K.

Secara simbolis, bantuan diberikan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kepada para petugas. Bantuan tersebut berasal dari Pemkot dan Baznas Kota Bandung. Menurut Yana, bantuan ini bisa menambah semangat para petugas di TPU Cikadut.

Karena saat ini petugas penggali ataupun pemikul jenazah tersebut tengah berjibaku menghadapi angka kematian yang sedang meningkat. "Mudah-mudahan ini bisa membantu teman-teman di saat meningkatnya pemakaman khusus Covid di TPU Cikadut ini," ucap Yana, Senin (28/6/2021).

Dia bersyukur kini sudah ada bantuan alat berat berupa backhoe dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Keberadaan backhoe tersebut bisa mempercepat proses penggalian liang lahat.

"Saya titip buat teman-teman jaga kesehatan. Alhamdulillah sudah ada bantuan alat berat backhoe untuk membantu proses penggalian. Mudah-mudahan ini membantu meringankan beban pekerjaan teman-teman PHL di TPU Cikadut," katanya. Baca: Ketahuan Satroni Toko, Pencuri Tewas Bersimbah Darah Diamuk Massa.

Mengingat tingginya kasus akhir-akhir ini, Yana mengakui, para petugas cukup kewalahan. Karena biasanya menyiapkan 10 liang lahat per hari, kini jumlahnya naik hingga 3-4 kali lipat. "Karena kalau manual bisa 2-3 jam per satu lubang. Sementara per hari bisa 30-40 makam. Bisa dibayangkan tingkat kelelahannya," imbuhnya.

Di samping mendatangkan alat berat, Yana menyebutkan, untuk menangani pemakaman di TPU Cikadut, ada tambahan tenaga bantuan dari TPU lain. Sekali pun dalam beberapa hari terakhir data menunjukan proses pemakaman jenazah non-Covid-19 pun turut meningkat. Baca Juga: Tasikmalaya Gempar, Mayat Laki-laki Terbujur Kaku Dalam Truk Sejak Minggu.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7152 seconds (0.1#10.140)