Guru di Wajo Ungkap Modus Bisnis Kartu Identitas Pejabat Disdikbud

Minggu, 27 Juni 2021 - 14:00 WIB
loading...
Guru di Wajo Ungkap Modus Bisnis Kartu Identitas Pejabat Disdikbud
Oknum pejabat Disdikbud Wajo diduga membuka bisnis pembuatan kartu identitas untuk guru. Foto: Ilustrasi/Shutterstock
A A A
WAJO - Sejumlah tenaga guru dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wajo mempertanyakan adanya kartu identitas atau ID Card. Oknum pejabat diduga mengkoordinir bisnis itu.

Hal itu diutarakan oleh salah satu tenaga guru Sekolah Dasar (SD), berinisial K. Menurutnya, perintah untuk membuat kartu identitas tenaga guru ini, merupakan perintah Sekretaris Disdikbud Wajo, Mahmud Bara.

Bahkan, orang nomor dua di lingkup Disdikbud, disebut menyediakan atau memfasilitasi tenaga guru yang ingin membuat kartu. Alasannya pun untuk mempermudah guru dari berbagai kecamatan untuk membuat kartu identitas.

"Kalau tidak ingin repot cukup kirim datanya ke orang yang ditunjuk. Kualitasnya juga sangat tipis, hanya menggunakan kertas biasa kemudian dilaminating," ujarnya kepada Sindo, Minggu (27/6/2021).



Pembuatan kartu identitas difasilitasi Mahmud Bara itu, dikeluhkan lantaran dibanderol dengan biaya tidak wajar. Sangat mahal, disinyalir hanya mementingkan keuntungan.

"Rp50 ribu per kartu. Tidak masuk akal. Harga tidak sesuai dengan kualitas," keluhnya lagi.

Sekertaris Disdikbud Wajo, Mahmud Bara berdalih, tidak melakukan pemaksaan dalam pembuatan kartu identitas kepada tenaga guru.

"Ada 2 tempat kita sampaikan kalau ingin membuat kartu. Bukan cuma yang dibuat sama anggota saja," tuturnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)