Atasi Dampak Pandemi, Kebun Binatang Juga Akan Dapat Bantuan

Selasa, 26 Mei 2020 - 14:37 WIB
loading...
Atasi Dampak Pandemi, Kebun Binatang Juga Akan Dapat Bantuan
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi Corona yang melanda Indonesia membawa dampak besar bagi pelbagai sektor, tanpa terkecuali lembaga konservasi (LK) satwa atau yang biasa dikenal kebun binatang. Semenjak COVID-19 positif masuk ke Indonesia dan menyebar ke sejumlah wilayah, memaksa banyak kebun binatang untuk menghentikan sementara kegiatan operasionalnya sebagai tempat wisata.

Pemberhentian sementara operasional kebun binatang itu mengakibatkan kebun binatang tidak lagi memiliki pemasukan dari penjualan tiket sebagai pemasukan utama selama ini. Kondisi itu memaksa banyak kebun binatang menekan pengeluaran operasionalnya agar pakan dan perawatan untuk berbagai satwa penghuninya dapat terpenuhi.

Menyikapi konidisi yang memperihatinkan itu, Esta Corporations berkomitmen turut andil dalam meringankan beban yang timbul dari pandemi Corona, khususnya beban yang tengah dirasakan oleh berbagai kebun binatang saat ini. Esta Corporations berencana memberikan bantuan kepada beberapa kebun binatang dan telah melakukan aksi penggalangan dana bantuan untuk kebun binatang. ( yang juga menjadi tempat konservasi bagi satwa-satwa endemik Indonesia. Akan sangat disayangkan kalau nantinya satwa-satwa khas Indonesia ini kondisinya memburuk karena tidak mendapatkan perawatan secara maksimal lantaran kebun binatang tidak memiliki pemasukan,” tutur Rony Harianto, manajemen Esta Corporations, Selasa (26/5/2020).

Penggalanan dana bantuan untuk kebun binatang dalam Gerakan #BersamaEstaPeduliSatwa telah dilakukan oleh Esta sejak Jumat, 15 Mei 2020 lalu. Rencananya penggalangan dana bantuan untuk kebun binatang tersebut akan dilakukan hingga akhri Juni mendatang, dengan target donatur yang berasal dari pelbagai sektor, kelompok, maupun masyarakat umum.

Bantuan akan disalurkan langsung ke beberapa lembaga konservasi satwa, yakni: taman satwa dan Wisata Bumi Kedaton, Lampung; Kebun Binatang Tamansari, Bandung; Bontonmarannu Education Park, Gowa, Makassar; Taman Satwa Cikembulan, Garut; dan PDTS Kebun Binatang Surabaya.

Selain menyalurkan sumbangan ke Kebun Binatang, Esta Corporations telah melakukan beberapa langkah untuk meringankan dampak dan melawan COVID-19. Esta Corporations telah menyumbang alat pelindung diri (APD) ke beberapa puskesmas yang berada beberapa desa di sekitar cabang Esta Corporations.

Kemudian untuk membantu perekonomian debiturnya di masa pandemi ini, Esta Corporations juga membeli masker-masker hasil buatan para debitur dan membagikannya kepada polisi, kelurahan, dan puskesmas tingkat kecamatan maupun desa yang berada di sekitar cabang Esta Corporations.

“Kami menilai, di tengah pandemi yang belum dapat dipastikan akan berlangsung sampai kapan ini, sangat penting bagi setiap sektor, kelompok, hingga individu untuk saling bahu-membahu agar dapat bertahan di situasi saat ini” tutup Rony Harianto.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3051 seconds (0.1#10.140)