Pemkab Asmat Harapkan PPL Lebih Aktif Dorong Ekonomi Kerakyatan

Rabu, 23 Juni 2021 - 12:18 WIB
loading...
Pemkab Asmat Harapkan PPL Lebih Aktif Dorong Ekonomi Kerakyatan
Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian kepada PPL. Acara ini dilaksanakan Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kabupaten Asmat dan berlangsung di Aula Keuskupan Agung Agats, Rabu (23/6/21).
A A A
AGATS - Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asmat Syamsul Agas mengharapkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) lebih aktif mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan setempat.

Harapan tersebut disampaikan saat membuka Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian kepada PPL. Acara ini dilaksanakan Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kabupaten Asmat dan berlangsung di Aula Keuskupan Agung Agats, Rabu (23/6/21).

Syamsul menyatakan jumlah PPL 2021 sebanyak 83 orang yang tergabung dari ASN dan tenaga honorer. "Mereka ini akan turun langsung melaksanakan tugas dampingi masyarakat di 23 distrik di Asmat," katanya.

Ia menjelaskan PPL salah satu dari bagian terpenting pemerintah untuk membantu mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan khususnya di Asmat.
Pemkab Asmat Harapkan PPL Lebih Aktif Dorong Ekonomi Kerakyatan

Diakui pula, sumber daya alam (SDA) di Asmat khususnya bidang pertanian sangat menjanjikan. Maka itu, perlu ada pendampingan kepada masyarakat, sehingga dapat membangun SDM warga yang bergelut di dunia pertanian agar lebih berkualitas dan andal.

"Maka itu sebelum para PPL turun lapangan, akan berikan dasar-dasar ilmu pertanian agar lebih profesional, kreatif, inovatif untuk mendampingi masyarakat kampung setempat," tuturnya.

Ia mengimbau PPL juga tetap berkoordinasi bersama Pemda Asmat. Hal ini, dimaksudkan agar program pemerintah setempat khususnya soal pertanian, turut dibantu menyukseskannya.

Ia juga menjelaskan pelaksanaan program pertanian ini, sesuai pula dengan misi keempat Pemda Asmat yang dipimpin Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wabup Asmat Thomas E. Safanpo.

Pemda, ungkapnya tengah mengkonversi potensi ekonomi daerah terutama di bidang pertanian, kelautan dan perikanan serta parawisata. Bidang ini menjadi pertumbuhan ekonomi yang yang inklusif dan berkualitas serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Asmat .

Hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Soekarno, serta staf dan PPL setempat. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)