Ironis! Antre Vaksinasi COVID-19, Warga Malah Bergerombol

Selasa, 22 Juni 2021 - 12:41 WIB
loading...
Ironis! Antre Vaksinasi COVID-19, Warga Malah Bergerombol
Gubernur Ganjar Pranowo mengimbau warga yang berkerumun saat antre vaksinasi COVID-19 agar menjaga jarak.
A A A
SEMARANG - Kesadaran masyarakat untuk tidak berkerumun dan disiplin protokol kesehatan masih menjadi tantangan di tengah pandemi COVID-19. Termasuk di antaranya saat warga mengantre vaksinasi, yang justru tampak bergerombol di areal gedung UTC Semarang.

Kerumunan itu mengundang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berseru keras. Ganjar yang saat itu sedang gowes keliling Kota Semarang mendadak berhenti ketika melihat ada keramaian di gedung UTC. Begitu memasuki areal parkir, Ganjar terkejut ketika melihat kerumunan warga yang sedang antre untuk mendapatkan vaksin.

Baca juga: Bukit Setinggi 10 Meter Longsor Timpa Rumah Warga di Mlaten Kendal

Setelah memarkir sepeda, Ganjar langsung berseru melalui pengeras suara yang terpasang di sepeda untuk meminta warga menjaga jarak saat antre menunggu giliran. Dia harus turun tangan menertibkan warga yang berkerumun.

"Ayo antre yang bagus, jaga jaraknya minimal dua meter, jangan bergerombol seperti itu," kata Ganjar saat menertibkan antrean, Selasa (22/6/2021).

Warga yang berkerumun terkejut mendengar seruan Ganjar. Satu persatu kemudian mulai menertibkan diri dan menjaga jarak. "Nah begitu. Kita butuh kesadaran untuk tertib. Jangan sampai ini menjadi klaster baru," lanjut Ganjar.

Baca juga: BNNP Jateng Ringkus Pria Pemilik Tembakau Gorila dan Ratusan Butir Obat Terlarang

Antrean tersebut menurut Ganjar disebabkan oleh animo masyarakat yang besar untuk mengikuti program vaksinasi. Kondisi berbeda dengan antrean vaksinasi di Sam Poo Kong. Sebelum mampir di UTC, Ganjar lebih dulu mengecek sentra vaksinasi di Sam Poo Kong yang lebih tertib. Di sana tidak ada antrean warga yang berkerumun karena juga didukung pendaftaran dengan sistem daring.

"Saya juga lihat yang di Sam Poo Kong, bisa dilaksanakan di sana dengan bagus. Drive thru dan yang satu bisa antre. Di sini mungkin karena animonya yang tinggi maka kita harapkan sistem antrenya lebih bagus. Di luar itu mungkin juga karena panas jadi kalau bisa dioptimalkan mereka bisa mengisi tempat yang duduk dengan nyaman dan sirkulasi bisa gampang," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)