Kapolda Jambi Waring Pelaku PETI Segera Bongkar Peralatannya

Minggu, 20 Juni 2021 - 14:12 WIB
loading...
Kapolda Jambi Waring Pelaku PETI Segera Bongkar Peralatannya
Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo menegaskan agar aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) yang jumlahnya sampai ratusan buah di sepanjang sungai Batang Tebo, Kabupaten Bungo, Jambi dihentikan. (Ist)
A A A
JAMBI - Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo menegaskan agar aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) yang jumlahnya sampai ratusan buah di sepanjang sungai Batang Tebo, Kabupaten Bungo, Jambi dihentikan.

Ini dikatakan langsung kepada Datuk Rio (kepala desa) Dusun Tanjung Menanti saat bertemu dengan perwakilan warga Dusun Tanjung Menanti, Kelurahan Bathin II, Babeko, Kabupaten Bungo , Jambi, Minggu (20/6/2021).

Menurutnya, penambangan emas ilegal tersebut lebih banyak efek yang merugikan dibanding keuntungan yang sifatnya hanya sementara. "Abrasi dan pendangkalan sungai telah mengakibatkan banjir, air sungai yang keruh berpengaruh pada perkembangbiakan ikan sehingga mengurangi hasil tangkapan para nelayan," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, air raksa yang digunakan untuk memisahkan emas dengan material lainnya menyebabkan tercemarnya air sungai dan ikan dengan logam berat yang dalam waktu panjang akan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat pesisir sungai.

Diakui Kapolda, dirinya telah berbicara dengan Bupati untuk mencari solusi alternatif mata pencaharian masyarakat selain PETI. "Dan setelah masa sosialisasi, jajaran Polda Jambi beserta stakeholder terkait akan mulai melakukan penertiban dan penindakan tegas," tandas Rachmad.

Untuk itu, Kapolda mengimbau kepada warga masyarakat agar mulai membongkar sendiri peralatan PETI tersebut. "Baiknya bongkar saja sendiri, agar tidak timbul kerugian yang lebih besar, dan masih bisa dimanfaatkannya bagian-bagian dari peralatannya," imbuh dia. Baca: Tuduh Orang Berhubungan Seks di Hotel Lalu Diperas Rp17 Juta, 4 Wartawan Dibekuk Polisi.

Untuk diketahui, Kapolda Jambi mengetahui PETI yang menggunakan rakit di sepanjang aliran Sungai Batang Tebo tersebut saat dirinya terbang menggunakan helikopter Baharkam Polri beberapa waktu lalu.

Agar lingkungan hidup tidak terganggu, Kapolda Jambi berharap masyarakat tidak lagi mencari mata pencaharian dengan cara Ilegal. Baca Juga: Tapanuli Tengah Gempar, Ribuan Ikan Dari Dasar Laut Bermunculan ke Permukaan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)