Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Tracing Warga yang Positif COVID-19 Usai Jenguk Orang Sakit Bertambah Jadi 41

loading...
Tracing Warga yang Positif COVID-19 Usai Jenguk Orang Sakit Bertambah Jadi 41
ilustrasi
BANDUNG BARAT - Kasus positif COVID-19 yang muncul di warga RT 04/14 Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kembali bertambah.

Hal tersebut diketahui setelah pihak Puskesmas Cikalongwetan, melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat dari warga yang sebelumnya sudah dinyatakan positif.

"Hasil tracing dan testing kepada kontak erat, ada enam warga lagi yang positif. Jadi sampai hari ini totalnya ada 41 warga positif karena sebelumnya sudah diketahui ada 35 warga," kata Plh Kepala Puskesmas Cikalongwetan, Ifah Syarifah, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: 21 Nakes di Cimahi Positif COVID-19, Satu Orang Harus Isolasi di Rumah Sakit

Ifah menyebutkan warga yang positif COVID-19 itu tersebar di RT 02, 03, dan 04, RW 14, Desa Mekarjaya. Mereka yang dinyatakan terpapar itu saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing karena hanya menunjukkan gejala ringan.

Pihaknya akan tetap memberikan treatment untuk warga yang sedang isolasi tersebut. Termasuk memberikan pemahaman ke warga yang lain agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab sejauh ini warga cenderung mengabaikan prokes dan menganggap remeh COVID-19.



Bahkan, lanjut dia, sempat timbul ketegangan di masyarakat lantaran mereka yang terpapar COVID-19 itu dicap negatif bahkan sampai dikucilkan oleh warga lain. Oleh karenanya tim Satgas COVID-19, pihak puskesmas, dan karang taruna, turun memberikan edukasi kepada masyarakat agar hal itu tidak berlarut-larut.

"Ada warga RT dan RW lain yang mengucilkan dan memberikan stigma negatif sehingga warga yang positif jadi stres. Seharusnya tidak begitu, warga mesti saling tolong menolong," tandasnya.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top