Surat Edaran Plt Bupati Turun, Semua Objek Wisata di KBB Tutup Seminggu

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:16 WIB
loading...
Surat Edaran Plt Bupati Turun, Semua Objek Wisata di KBB Tutup Seminggu
Semua objek wisata di KBB harus tutup selama seminggu seiring terbitnya SE dari Plt Bupati dikarenakan saat ini kasus COVID-19 sedang tinggi dan KBB masuk zona merah.Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya menerbitkan surat edaran penutupan semua objek wisata selama satu minggu akibat kasus COVID-19 yang meningkat sehingga KBB masuk zona merah siaga satu.

Surat Edaran Nomor 556/1559-Disparbud tentang Penutupan Destinasi/Objek Wisata di KBB tanggal 16 Juni 2021 itu ditandatangani oleh Plt Bupati Hengki Kurniawan. Dalam surat itu disebutkan jika objek wisata tutup dari 16-22 Juni 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Bandung Barat Heri Pratomo mengatakan, soal penutupan tempat wisata ini mengikuti arahan dari Gubernur Jawa Barat. Pertimbangannya tren kasus COVID-19 di wilayah Bandung Raya termasuk KBB yang terus mengalami lonjakan.

"Sesuai instruksi gubernur bahwa wilayah yang zona merah agar menutup objek wisata selama tujuh hari ke depan. KBB termasuk di dalamnya karena masuk zona merah," tuturnya, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, penutupan objek wisata di KBB mulai berlaku sejak Rabu (16/6/2021) meski ada beberapa pengelola yang masih tetap buka karena menunggu surat resmi dari pemerintah. Dirinya memastikan pada hari ini semua objek wisata di KBB sudah tutup dan tidak melayani kunjungan wisatawan.

Selain penutupan objek wisata, lanjut dia, dalam Surat Edaran Nomor 556 itu juga mengatur soal kapasitas restoran, rumah makan, dan cafe, yang pengunjungnya tidak boleh lebih dari 50%. Meski boleh buka, tapi jam operasional mereka dibatasi hanya sampai pukul 21.00 WIB.

"Restoran, rumah makan, dan cafe masih boleh buka dengan kapasitas 50% dan jam operasional dibatasi. Pastinya prokes dan PHBS juga harus dijalankan sebagai pencegahan penularan COVID-19," ucapnya. Baca juga: Kabupaten Bandung Barat Zona Kuning, Pelaku Usaha Minta Obyek Wisata Kembali Buka

Penutupan objek wisata di KBB sendiri merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu satu bulan. Sebelumnya penutupan wisata di KBB dilakukan pada 7-14 Mei atau sepekan sebelum Idul Fitri. Saat ini kasus COVID-19 di KBB telah mencapai 8.662 kasus.

Rinciannya 828 positif aktif, 7.721 sembuh, dan 113 meninggal dunia. "Kami berharap dalam tujuh hari ke depan kasusnya bisa turun dan KBB tidak lagi zona merah. Jadi objek wisata bisa kembali lagi dibuka minggu depan," pungkas Heri.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0163 seconds (0.1#10.140)