Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Terjaring Penyekatan di Suramadu, 3 Orang Terinfeksi COVID-19 Asal India

loading...
Terjaring Penyekatan di Suramadu, 3 Orang Terinfeksi COVID-19 Asal India
Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, tengah merawat dua orang pasien yang terkonfirmasi positif mutasi virus COVID-19 B.1.617.2 varian Delta. Foto/Ilustrasi
SURABAYA - Mutasi COVID-19 asal India, atau disebut COVID-19 B16172 varian Delta, sudah masuk ke wilayah Jatim. Bahkan, dari hasil penyekatan di Jembatan Suramadu, tiga orang dinyatakan positif COVID-19 varian baru tersebut.

Baca juga: Jepara Gempar, Pasien-pasien COVID-19 Telantar di Teras IGD, Ganjar Ngamuk

Kini, dua pasien COVID-19 varian baru itu menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Kedua pasien tersebut dalam keadaan baik. Penanganan kedua pasien ini dipisahkan dari pasien lainnya.



Ketiga orang yang terjaring penyekatan di Jembatan Suramadu tersebut, merupakan laki-laki. Masing-masing pasien memiliki gejala berbeda-beda. Pasien pertama, masuk Rumah Sakit (RS) pada 6 Juni 2021 dengan gejala ringan batuk berdahak dan tanpa komorbid. "Saat ini masih dirawat di RSLI," kata Penanggungjawab RSLI, Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Ibu Guru Seksi Edarkan Sabu, Diringkus Polisi Saat Masih Kenakan Daster Hendak Pesta Terlarang



Pasien kedua masuk RS pada 6 Juni 2021 dengan gejala ringan, demam, komorbid demam berdarah, dan masih dirawat di RSLI. Pasien ketiga masuk RS pada 6 Juni 2021. Kondisi pasien tanpa gejala, tanpa komorbid, dan telah pindah Faskes pada 12 Juni 2021 di Bojonegoro.

"Berdasarkan hasil whole genome sequencing (WGS) (Institute of Tropical Diseases (ITD) menunjukkan tiga pasien terkonfirmasi positif COVID-19 mutasi virus Delta B16172," ujarnya. baca juga: Tangis Pecah di Tasikmalaya, Wanita Lansia Ditemukan Tak Bernyawa Dalam Kamar

Diketahui, sebanyak 219 orang ditemukan positif COVID-19 hasil penyekatan Jembatan Suramadu. Mereka semua dirawat di RSLI. Kemudian, dari jumlah itu, sembilan pasien telah dirujuk ke daerah asal masing-masing. Salah satunya adalah pasien dengan varian baru Delta B.1.617.2 yang dirujuk ke Bojonegoro. "Maka, saat ini terdapat 200 pasien hasil dari penyekatan Bangkalan, yang dirawat di RSLI. Dua di antaranya merupakan pasien dengan varian baru," tandas Nalendra.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top