Banyak Sampah di Pantai Bahari, Bupati Polewali Mandar Pimpin Aksi Bersih Sampah

Selasa, 15 Juni 2021 - 12:42 WIB
loading...
Banyak Sampah di Pantai Bahari, Bupati Polewali Mandar Pimpin Aksi Bersih Sampah
Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat melakukan aksi bersih sampah massal yang melibatkan ratusan orang di Pantai Bahari Kecamatan Polewali . Foto iNews TV/Huzair Z
A A A
POLEWALI MANDAR - Lantaran banyaknya sampah di laut yang menyebabkan pencemaran lingkungan dan merusak sejumlah rumput laut milik petani. Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat melakukan aksi bersih sampah massal yang melibatkan ratusan orang.

Dalam aksi bersih sampah yang mencemari laut ini setidaknya lebih dari 2 truk sampah berhasil diangkut.

Baca juga : Neson Murib Penjual Senjata dan Amunisi ke KKB Intan Jaya Ditangkap Satgas Nemangkawi


Dipimpin langsung Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar menggerakkan ratusan petugas gabungan untuk mekakukan aksi bersih sampah laut.

"Sampah yang mencemari laut sepanjang Pantai Bahari Kecamatan Polewali ini pun dibersihkan menggunakan perahu karet dan milik nelayan. Tak hanya Pemerintah Kabupaten, BPBD, Tagana dan petugas Kepolisian serta TNI juga sejumlah masyarkat ikut dalam aksi bersih sampah laut ini," kata Bupati, Senin (14/6/2021).

Pembersihan sampah yang mencemari laut di Kota Polewali ini dilakuikan sepanjang radius 4 kilometer . Tak tanggung tanggung sampah berbagai jenis yang berhasil diangkut tak kurang dari sebanyak 2 truk.



Kebanyakan sampah plastik ,batang kayu dan sampah diakibatkan oleh ulah masyarakat yang tak sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Selain mengganggu pemandangan kota banyaknya sampah ini juga berdampak pada pencemaran laut dan mengancam tanaman rumput laut milik petani. Pencemaran lingkungan akibat banyaknya sampah ini juga akan mengancam kehidupan biota laut," kata dia.

Menurut Bupati Polewali Mandar yang memimpin aksi bersih sampah laut ini sampah yang menumpuk di laut ini terbawa arus sungai meluap hingga ke muara.

"Mana lagi kurangnya kesdaran masyrakat yang memilih membuang sampah ke sungai bahkan langsung ke laut," timpalnya.

Aksi bersih sampah laut ini akan kembali di gelar pada sabtu dan minggu nanti dengan melibatkan lebih banyak pihak tak terkecuali komunitas pecinta lingkungan se Polewali Mandar.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2452 seconds (0.1#10.140)