Gubernur Kalteng Instruksikan Lansia Jadi Prioritas Vaksin

Senin, 14 Juni 2021 - 17:17 WIB
loading...
Gubernur Kalteng Instruksikan Lansia Jadi Prioritas Vaksin
Gubernur Kalteng Instruksikan Lansia Jadi Prioritas Vaksin
A A A
BARITO UTARA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabranmengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 diprioritaskan untuk para lanjut usia (lansia). Hal ini disampaikannya pada Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Lapangan Olahraga Tiara Batara Muara Teweh, Sabtu (12/6/2021).

“Saya minta bupati/wali kota untuk mengerahkan kepala sekolah supaya melaksanakan instruksi untuk meminta wali murid membawa keluarganya, yaitu kakek neneknya ketempat vaksin yang sudah disiapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Sugianto menyampaikan, khusus vaksinasi dengan sasaran lansia, diharapkan pada Desember 2021 mendatang pemberian vaksinasi bisa mencapai 80 persen dari jumlah lansia di seluruh Kalteng.

“Saya sampaikan, bahwa kita di Kalteng ada lansia 177.000, dari 177.000, kalau bisa sampai Desember mencapai 80 persen yang sudah divaksin, di Barito Utara ada 1.000 lansia," katanya.

Tak hanya itu, vaksinasi lansia diharapkan juga dapat menekan angka kematian. “Kepada lansia untuk mengurangi kematian, dan diharapkan tidak ada kematian akibat Covid-19, karena lansia lebih rentan," ucap Sugianto.

Dalam penyuntikan dosis, kelompok lansia tetap akan menerima vaksinasi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari. Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh, sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru.

Sementara vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal. Dalam acara tersebut, Sugianto didampingi oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102/PJG Brigjen TNIPurwo Sudaryanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalteng Shalahuddin.

Turut hadirpula, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi KaltengAgus Siswadidan Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng A Syaifudi. Sementara itu, dari pemerintah daerah hadir Bupati Barito Utara Nadalsyah, serta unsur Forkopimda dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara. (CM)
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)