Bandara Aminggaru Berhasil Didarati Pesawat usai Pasukan TNI-Polri Pukul Mundur KKB

Senin, 07 Juni 2021 - 16:29 WIB
loading...
Bandara Aminggaru Berhasil Didarati Pesawat usai Pasukan TNI-Polri Pukul Mundur KKB
Bandara Aminggaru di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak berhasil didarati Pesawat Rimbun Air pada Senin pagi (7/6/2021). Pembukaan bandara ini pasca pasukan TNI-Polri berhasil memukul mundur Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Foto Satgas Nemangkawi
A A A
ILAGA - Bandara Aminggaru di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua berhasil didarati Pesawat Rimbun Air pada Senin pagi (7/6/2021) dengan membawa sejumlah logistik. Pembukaan Bandara ini dilakukan pasca pasukan TNI-Polri berhasil memukul mundur Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sejak Jumat lalu.
Bandara Aminggaru Berhasil Didarati Pesawat usai Pasukan TNI-Polri Pukul Mundur KKB

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia, memastikan kegiatan aktivitas Bandara Aminggaru mulai berangsur-angsur pulih dengan tetap dilakukan penjagaan ketat personel TNI Polri.

"Pasukan TNI Polri tidak akan pernah mundur dari serangan Kelompok Kriminal Teroris Bersenjata (KKTB). Kami akan terus menjaga dan melindungi masyarakat di Kabupaten Puncak," kata Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia, Senin (7/6/2021).

Selain itu untuk memastikan keamanan Kota Ilaga, Pasukan TNI-Polri melakukan patroli di dalam kota, bandara maupun di pinggir kota.

"Untuk situasi di Kabupaten Puncak sudah berangsur kondusif dan aktifitas masyarakat sudah berjalan normal. Patroli dan pengamanan dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan yang dilakukan teroris KKB," tandas Kapolres.



Sebelumnya Pasukan gabungan TNI-Polri terlibat kontak tembak selama tiga jam lebih dengan Tentara Pembabasan Nasional Papua Barat (TPNPB) , sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau akrab disebut teroris Kelompok Kriminal Bersejata (KKB), Jumat 4 Juni 2021.

Kontak tembak tersebut, terjadi di sekitar Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Dipimpin Kapolres Puncak Jaya, AKBP I Nyoman Punia, pasukan gabungan TNI-Polri berhasil menguasai Bandara Aminggaru Ilaga, yang sempat dikacau oleh teroris KKB .

Sejumlah fasilitas di sekitar Bandara Aminggaru Ilaga, mengalami kerusakan akibat aski brutal teroris KKB di wilayah Pegunungan Tengah Papua. Sejumlah fasilitas di bandara dibakar, seperti ruang tunggu, perumahan karyawan bandara, tower ATC bandara, serta sebuah pesawat rusak di areal bandara juga ikut dibakar oleh kelompok pimpinan Lekagak Telenggen tersebut.

Pembakaran sejumlah fasilitas di Bandara Aminggaru Ilaga itu terjadi, setelah teroris KKB berpupaya menguasai bandara tersebut, namun pasukan gabungan TNI-Polri berhasil melakukan penindakan dan memukul mundur teroris KKB.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)