Kenakan Pakaian Adat Toba, Bobby Nasution Tunjukkan Keberanian Membawa Perubahan

Rabu, 02 Juni 2021 - 14:25 WIB
loading...
Kenakan Pakaian Adat Toba, Bobby Nasution Tunjukkan Keberanian Membawa Perubahan
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution memakai pakaian adat Toba saat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021
A A A
MEDAN - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution memakai pakaian adat Toba di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Pesan apa yang ingin disampaikannya?

Ya, pada Selasa 1 Juni 2021, Bobby memperingati Hari Lahir Pancasila dengan tampil beda yakni mengenakan pakaian adat Toba.

Dengan pakaian kebesaran Toba yang mayoritas dominasi warna merah dengan bahan ulos itu, Bobby Nasution tampak gagah. Ia juga memegang tongkat panjang berukir etnik.

Melihat itu, Kepala Badan Kebudayaan (BKN) Sumatera Utara, Idris Pasaribu menyatakan bahwa Bobby Nasution ingin mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika yang beragam namun memiliki rasa kebersamaan yang tinggi.

"Saya menyatakan Bobby memang seorang nasionalis sejati. Sebagai etnik Mandailing tapi dia memakai pakaian Toba, menunjukkan sikap bahwa di Sumut, etnik itu adalah milik bersama," kata Idris Pasaribu Selasa (1/6/2021) sore.

Apakah itu pakaian adat yang biasa dipakai saat perang dahulu?

"Saya tidak melihat itu pakaian perang, tapi pakaian adat dalam berbagai upacara adat," ucap Idris.

Menurutnya, Medan adalah kota beradat dan beradab dan pembangunannya dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan penuh dinamika yang beradab.

"Beradab lebih tinggi dari bermartabat," ujarnya.

Budayawan Irwansyah Harahap pun berkomentar positif terhadap pilihan Bobby Nasution mengenakan pakaian adat Toba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6092 seconds (0.1#10.140)