Anggota DPRD Rezki Dorong Pemberian ASI Eksklusif ke Anak

Jum'at, 28 Mei 2021 - 16:28 WIB
loading...
Anggota DPRD Rezki Dorong Pemberian ASI Eksklusif ke Anak
Anggota DPRD Makassar, Rezki saat menggelar sosialisasi erda No 3 Tahun 2006 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif, Jumat (28/5). Foto: SINDonews/Ashari Prawira Negara
A A A
MAKASSAR - Anggota DPRD Kota Makassar , Rezki melakukan sosialisasi Perda No 3 Tahun 2006 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif di Hotel Horizon Ultima Jalan Jendral Sudirman, Jumat (28/5/2021).

Di hadapan ratusan peserta sosialisasi yang didominasi ibu-ibu dari dapil 1 (Makassar, Ujung Pandang, Rappocini), Rezki menegaskan bahwa pemerintah menyadari betul pentingnya pemberian ASI eksklusif kepada anak, sehingga dirumuskan lewat Perda No 3 Tahun 2006.

Baca Juga: ASI eksklusifASI yang hanya bisa didapatkan pada awal-awal kelahiran. ASI ini wajib diberikan kepada anak lantaran mengandung gizi yang tidak bisa digantikan oleh minuman dan makanan apapun.

" ASI eksklusif ini adalah ASI yang diberikan kepada anak saat awal kelahiran, itu gizinya tidak bisa digantikan sehingga masyarakat wajib memberikan ASI tersebut ke anaknya," ujarnya.

ASI eksklusif sangat penting dalam pertumbuhan anak karena mampu mencegah anak dari stunting atau masalah pertumbuhan.

"Stunting ini persoalan serius dalam perkembangan anak, utamanya berkaitan dengan SDM sehingga erat kaitannya dengan perkembangan bangsa. Anak yang diberikan ASI gizinya akan tercukupi sehingga mencegah mereka untuk terkena stunting," katanya.

Baca Juga: ASI eksklusifASI eksklusif cenderung kental dan berwarna kuning keemasan. ASI tersebut hanya bisa didapatkan dalam kurun waktu 2-4 hari setelah kelahiran.

"Pastikan bayi itu mendapatkan ASI eksklusif ibu, itu didapat dari kolostrum, ini maksudnya ASI eksklusif , warnanya putih ke kuning-kuningan. ASI ini jelas bisa meningkatkan kecerdasan anak," jelasnya.

Dia melanjutkan bahwa lokus stunting Makassar sudah mencakup 80 kelurahan dari 153 per 2021, sehingga Makassar perlu berbenah agar anak-anak terselamatkan.

Baca Juga: ASI eksklusif
"Kita harapkan semua bisa sadar dengan pemberian ASI ini, kita juga mengapresiasi anggota dewan khususnya Ibu Rezki yang telah menyelanggarakan sosialisasi seperti ini," pungkas dia.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2032 seconds (0.1#10.140)