Jangan Sepelekan, Ini Gejala Anemia Secara Kasat Mata

Jum'at, 28 Mei 2021 - 11:09 WIB
loading...
Jangan Sepelekan, Ini Gejala Anemia Secara Kasat Mata
ilustrasi
A A A
BANDUNG - Anemia mungkin salah satu kondisi kesehatan tubuh yang sangat sangat familiar di tengah masyarakat. Kendati dianggap biasa, namun anemia sebenarnya menandakan kurang fit-nya tubuh kita. Karena anemia menandakan kurangnya pasokan nutrisi seperti zat besi, vitamin, asam folat, hingga protein.

Lalu bagaimana kita bisa mengenali ciri ciri secara kasat mata atas kondisi anemia. Menurut Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unpad yang juga menjadi konsultan hematologi Dr. Susi Susanah, dr., Sp.A(K), M.Kes, anemia merupakan kondisi ketika kadar hemoglobin di bawah rata-rata.

Baca juga: Gempar! Juragan Toko Plastik di Bandung Tewas dengan Sekujur Tubuh Penuh Tusukan

“Anemia ini adalah kurang sel darah merah atau kurang darah, bukan tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah tidak ada hubungannya dengan anemia,” ujar Susi.

Kadar hemoglobin ideal berbeda-beda sesuai kelompok umur. Sesuai standar WHO, kadar hemoglobin untuk anak usia di bawah 5 tahun adalah 11 gram/desiliter. Sementara anak usia 5-10 tahun adalah 11,5 gram, anak usia di bawah 14 tahun kadar hemoglobinnya di bawah 12 gram, sedangkan di atas usia 14 tahun kadar hemoglobinnya mengikuti standar orang dewasa.

Menurut dia, ada tanda-tanda yang umum tampak apabila seseorang mengalami anemia. Paling mudah bisa dilihat dari warna pada telapak tangan, kaki, dan bantalan kuku. Jika bantalan kuku lambat memerah saat ditekan dan dilepas kembali, maka itu bisa dikategorikan sebagai anemia.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di GT Pasteur Bandung, 4 Mobil Ringsek Parah

Selain itu, seseorang juga bisa mengecek kadar darah pada konjungtiva atau kelopak mata bagian dalam. Saat kelopak ditarik, apabila kongjungtiva merah, maka kadar darahnya masih normal.

Gejala anemia yang kerap dijumpai adalah wajah pucat, gampang sesak, penurunan aktivitas, hingga mudah lelah. “Nanti anemia atua tidak harus dikonfirmasi melalui pemeriksaan,” kata Susi pada bincang sehat yang digelar FL Unpad.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)