Banjir Bandang Terjang Musi Rawas, 1 Rumah Warga Hilang Terseret Arus

Jum'at, 28 Mei 2021 - 01:54 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang Musi Rawas, 1 Rumah Warga Hilang Terseret Arus
Sungai Lakitan di Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, meluap merendam empat desa di dua kecamatan. Foto/iNews TV/Era Neizma Wedya
A A A
MUSI RAWAS - Empat desa di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, diterjang banjir bandang . Sungai Lakitan yang melintas di Kecamatan Selangit, dan Kecamatan Stl Ulu Terawas, meluap akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut.



Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas, Darsan mengatakan, penyebab banjir yang menerjang empat desa tersebut, dikarenakan intensitas hujan yang mengguyur wilayah Musi rawas, pada Rabu (26/5/2021) malam, sehingga dua sungai meluap .



"Tadi anggota BPBD, pihak Kecamatan, Pemdes, dan Babinsa Kodim 0406 Musi Rawas, telah melaksanakan peninjauan, kaji cepat, pendataan, koordinasi dan assesment kejadian banjir di beberapa desa di Kecamatan Selangit, dan Kecamatan Stl Ulu Terawas tersebut," katanya.



Data kecamatan dan desa terdampak banjir yakni Desa Batu Gane, Kecamatan Selangit, dan merendam kurang lebih tujuh rumah warga, selain itu fasilitas umum seperti kantor desa, PAUD, Puskesdes juga terendam banjir .

Selain itu banjir juga merendam di Desa Prabu Menang, dan kini masih dalam pendataan, kondisi terkini di lapangan tim masih berada di lokasi kejadian. Banjir juga menerjang Desa Pasenan, Kecamatan Terawas.



Petugas gabungan menurunkan perahu karet untuk masuk ke lokasi banjir , dan melaksanakan pendataan serta upaya lainnya. Dan di Desa Pasenan ada salah satu rumah warga yang terbawa arus sungai.

Desa Muara Nilau, juga terendam banjir dan masih dalam pendataan, namun kondisi terakhir air sudah surut dan masyarakat sudah bisa beraktifitas, serta saling gotong royong membantu membersihkan sisa banjir.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)