Pastikan Social Distancing Dipatuhi, Polda Jabar Gelar Patroli Berskala Besar

Senin, 13 April 2020 - 13:08 WIB
loading...
Pastikan Social Distancing Dipatuhi, Polda Jabar Gelar Patroli Berskala Besar
Kegiatan patroli yang dilaksanakan Polda Jawa Barat dan jajaran untuk memastikan kebijakan PSBB berjalan dengan baik. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Selama tiga hari sejak 10 April 2020, Polda Jabar menggelar patroli berskala besar. Patroli dilaksanakan untuk memastikan masyarakat mematuhi imbauan social distancing untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19.

Patroli yang berakhir pada Minggu, 12 April 2020 dipimpin oleh Kabag Binops Ro Ops Polda Jabar AKBP Sonny Matri. Selain personel Polri dari Polda Jabar, patroli ini juga melibatkan personel TNI dari Kodam III/Siliwangi dan instansi terkait Pemprov Jabar.

"Polda Jabar selama hari libur dan akhir pekan serta untuk percepatan penanganan Covid–19, maka bersama TNI dan instansi terkait lainnya seperti Dishub dan Satpol PP Provinsi Jawa Barat melaksanakan patroli skala besar," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso, Senin (13/4/2020).

Erlangga mengemukakan, sasaran yang dituju adalah daerah rawan kriminalitas, area publik tempat berkumpulnya masyarakat, dan tempat hiburan yang dimungkinkan masih beroperasi.

Pelaksanaan patroli skala besar, ujar Erlangga, start dimulai dari Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta. Kemudian tim gabungan bergerak menuju Bundaran Cibiru-Terminal Cileunyi-Jalan Raya Sumedang-Jalan Raya Jatinangor-Bundaran Cibiru-Jalan Ahmad Yani -Jalan Kiaracondong dan kembali ke Mapolda Jabar.

"Dalam patroli ini, masyarakat diimbau untuk tidak berkumpul. Jika kedapatan berkumpul, mereka diimbau membubarkan diri," ujar Kabid Humas.

Erlangga menuturkan, patroli berskala besar tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan instruksi Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Sebab, Polda Jabar tak menerapkan jam malam di seluruh wilayah di Jawa Barat untuk memutus mata rantai penularan virus Corona.

"Tapi kalau patroli skala besar pada malam hari kita lakukan patroli skala besar pada malam hari bagi masyarakat yang tidak ada kegiatan dan hanya berkumpul, kita imbau untuk membubarkan diri. Itu saja," kata Kapolda di Makosat Brimob Polda Jabar, Cikeruh, Kabupaten Sumedang, Kamis (9/4/2020) lalu.

Rudy mengemukakan, kegiatan patroli malam dalam skala besar dilakukan di seluruh jajaran Polres yang berada di wilayah hukum Polda Jabar. Diketahui, dalam poin lima Maklumat Kapolri berbunyi warga diimbau tak melakukan kegiatan yang membuat berkumpulnya massa. "Itu (patroli malam skala besar) dilaksanakan di seluruh Jabar. Polres dan Polda melakukan," ujar dia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)