Lebaran Usai, 93 Desa di KBB Zona Hijau dan 72 Zona Kuning COVID-19

Selasa, 25 Mei 2021 - 15:33 WIB
loading...
Lebaran Usai, 93 Desa di KBB Zona Hijau dan 72 Zona Kuning COVID-19
Sekretaris Daerah, KBB, Asep Sodikin. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG BARAT - Seusai libur Lebaran, kasus COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak ada penambahan berarti. Bahkan dari klasifikasi zona penyebaran, dari 165 desa paling banyak desa yang berada di zona hijau daripada zona kuning.

"Sampai hari ini, berdasarkan laporan ada 93 desa yang berada di zona hijau dan 72 zona kuning. Tidak ada desa yang masuk zona merah," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemda KBB, Asep Sodikin, Selasa (25/5/2021).

Menurutnya, ini kali pertama kali desa di KBB lebih banyak yang zona hijau daripada yang zona kuning. Begitupun untuk tingkat RT, sebanyak 8.848 RT berada di zona hijau dan 189 RT di zona kuning yang kebanyakan berada di wilayah desa di kawasan perkotaan.

Asep menyebutkan, walaupun tren COVID-19 di KBB menurun dan lebih banyak desa yang zona hijau dibanding zona kuning, namun masyarakat tetap harus waspada dan terus menjalankan protokol kesehatan. Ini memang masih ada warga yang terdeteksi positif COVID-19.

Terlebih pascalibur Lebaran, Pemda KBB berusaha menekan pencegahan antisipasi terkait yang sudah mudik. Jika ada warga yang terdeteksi positif COVID-19 maka mesti menjalani karantina secara mandiri di rumahnya.

Supaya bisa menekan penyebaran dari klaster keluarga. "Saat ini tren kasusnya turun, karena walaupun ada yang positif COVID-19, namun yang sembuh jumlahnya lebih banyak," kata Asep.

Disinggung soal zonasi, Asep menerangkan KBB masih masuk zona oranye. Makanya aturan dari pemerintah pusat dan provinsi akan dipatuhi. Namun soal pembukaan akses wisata di KBB, itu tidak membentur kebijakan pusat karena tetap melihat kondisi secara regional khususnya di tingkat desa.

"Kan di kita melihat desa banyak zona hijaunya, tidak ada masalah. Yang penting walau akses wisata dibuka tetap harus jalankan protokol kesehatan dengan ketat," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3410 seconds (0.1#10.140)