Awas, Ada 13 ABK Filipina Bawa COVID-19 Varian India Masuk Jateng

Senin, 24 Mei 2021 - 14:41 WIB
loading...
Awas, Ada 13 ABK Filipina Bawa COVID-19 Varian India Masuk Jateng
Varian kasus baru COVID-19 dari India, B.1617.2 telah masuk ke Jawa Tengah. Foto/Ilustrasi
A A A
SEMARANG - Anak Buah Kapal (ABK) asal Filipina, terdeteksi menjadi pembawa varian baru COVID-19 dari India, B.1617.2 masuk ke Jawa Tengah. Ada sebanyak 13 ABK Filipina yang terpapar COVID-19 varian baru , dan mereka sempat melakukan bongkar muat di Cilacap.



Para ABK itu dilakukan tes whole genome sequencing (WGS). Hasilnya, cukup mengejutkan karena mereka terkonfirmasi COVID-19 varian dari India. Untuk itu, semua pihak diminta meningkatkan kewaspadaan dan ketat menerapkan protokol kesehatan.



"Saya minta hati-hati, karena varian baru di Cilacap sudah muncul. Jangan sampai menyebar. Tidak hanya pada Bupati/Wakil Bupati Demak dan Sragen, tapi saya minta semua kepala daerah waspada," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat melantik Bupati/Wakil Bupati Demak Estianah-Ali Maksun, dan Bupati/Wakil Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin (24/5/2021).



Ganjar mengatakan, terus memantau para tenaga kesehatan di RSUD Cilacap yang juga terkonfirmasi positif COVID-19 . Semuanya telah diperiksa dan dilakukan tes WGS di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Kita belum tahu hasilnya, mudah-mudahan tidak. Tapi seandainya iya, maka ini bukti keganasan virus ini. Virus begitu cepatnya menyebar, dari sisi pasien dan nakes berhubungan, itu nakesnya bisa ketularan," terangnya.



Hal itu membuktikan bahwa varian baru COVID-19 ini tidak main-main. Tingkat keganasannya tidak bisa diremehkan. "Maka saya kembali minta negara melakukan evaluasi. Hubungan bisnis dengan banyak negara yang punya varian baru, saran saya hentikan sementara," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)