Meninggal di Jakarta, Wakil Gubernur Papua Akan Dimakamkan di Mimika

Sabtu, 22 Mei 2021 - 01:45 WIB
loading...
Meninggal di Jakarta, Wakil Gubernur Papua Akan Dimakamkan di Mimika
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta, Jumat (21/5/2021). Foto/Dok.
A A A
JAYAPURA - Kabar duka menyelimuti Papua . Wakil Gubernur Papua , Klemen Tinal meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta, pada Jumat (21/5/2021) dini hari. Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subroto.



Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua , Dance Yulian Flassy mengungkapkan, jenazah alamrhum Klemen Tinal akan segera diterbangkan dari Jakarta, ke Jayapura. "Rencananya jenazah akan diterbangkan dari Jakarta Sabtu (22/5/2021) pagi, dan akan disemayamkan di Gedung Negara," ujarnya.



Di Gedung Negara yang merupakan rumah jabatan Gubernur Papua , akan dilakukan ibadah sesuai agama dari almarum Klemen Tinal, yaitu Kristen Protestan. Baru sehari setelahnya, jenazah akan dilepas oleh Pemerintah Provinsi Papua , dan diterbangkan kembali ke Mimika untuk dimakamkan. "Selanjutnya pada Minggu (23/5/2021) jenazah diberangkatkan ke Timika mengunakan Herkules," kata Flassy.



Saat berada di Timika , rencananya jenazah akan kembali disemayamkan di rumah pribadi alamrhum Klemen Tinal. Mengenai jadwal pemakaman, Flassy menyatakan hal itu tergantung dari keputusan keluarga. "Rencana Senin (24/5/2021) dimakamkan, tapi kita mengikuti dari pihak keluarga," kata Flassy.

Klemen Tinal sudah cukup lama berada di dunia politik, ia pernah menjabat Bupati Mimika pada 2001-2006, dan 2008-2013. Kemudian pada 2014, Klemen Tinal dilantik menjadi Wakil Gubernur Papua , hingga saat ini.



Dia lahir di Beoga, Kabupaten Puncak, pada 23 Agustus 1970. Selain sebagai Wakil Gubernur Papua , Klemen Tinal juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar Papua , Ketua Percasi Papua , dan Ketua DPP Perserosi

Sebagai tanda duka, Pemerintah Provinsi Papua mengibarkan bendera setengah tiang di Lapangan Apel Kantor Gubernur Papua . "Iya benar (Bendera setengah tiang) itu karena almarhum (Klemen Tinal) meninggal dunia," ujar Kepala Diskonminfo Papua , Jerry A Yudianto.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)