Kapal AL Australia Pulangkan 19 ABK KM Bandar Nelayan yang Tenggelam Dihantam Badai

Jum'at, 21 Mei 2021 - 11:42 WIB
loading...
Kapal AL Australia Pulangkan 19 ABK KM Bandar Nelayan yang Tenggelam Dihantam Badai
Seorang ABK KM Bandar Nelayan langsung melakukan sujud syukur begitu menginjakkan kaki di Pelabuhan Benoa Denpasar, Bali. Foto/SINDOnews/Miftahul Chusna
A A A
DENPASAR - Kapal Angkatan Laut (AL) Australia Hmas Anzac mengantarkan pulang 19 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Bandar Nelayan 188 ke kawasan Pelauhan Benoa , Denpasar, Bali, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Rampok Gasak Uang Rp10 Juta di SPBU Benoa Bali, 2 Penjaga Cantik Diancam Pakai Pedang

Mereka merupakan ABK yang selamat dari musibah tenggelamnya KM Bandar Nelayan akibat dihantam badai di perairan barat Australia. Para ABK langsung melakukan sujud syukur begitu menginjakkan kaki di Pelabuhan Benoa Denpasar, Bali, sekitar pukul 08.00 Wita. "Terimakasih banyak untuk kapal Australia dan Jepang yang telah menyelamatkan kami," ujar Mugiono, kapten kapal.

Baca juga: Lima Mayat ABK Kapal Ikan Lebih dari Sepekan Disimpan di dalam Freezer

Kedatangan mereka kemudian dijemput dan dipindahkan ke KRI Escolar di tengah laut, tepatnya di posisi 2,5 mil dari Pelabuhan Benoa. Begitu menginjakkan kaki di dermaga, mereka lalu disemprot cairan disinfektan dan diperintahkan mencuci tangan untuk menjaga protokol kesehatan.

"Mereka akan dikarantina selama lima hari sebelum kembali ke keluarganya," kata Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha yang memimpin serah terima dari pemerintah Australia.

Konsulat Jenderal Australia untuk Bali Anthea Griffin mengatakan, sebagai tetangga dekat, Australia sangat senang bisa membantu penyelamatan para nelayan yang terkena musibah di negaranya. "Hari ini saya senang bisa melihat mereka akan segera kembali ke keluarganya," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3334 seconds (0.1#10.140)