Disnaker Parepare Latih Puluhan Pencari Kerja Selama Sebulan

Rabu, 19 Mei 2021 - 16:18 WIB
loading...
Disnaker Parepare Latih Puluhan Pencari Kerja Selama Sebulan
Sebanyak 80 pencari kerja (Pencaker) diberi pelatihan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Parepare. Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Sebanyak 80 pencari kerja (Pencaker) diberi pelatihan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Parepare.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Tenaga Kerja Parepare , Abd Latif, di aula di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Parepare, Rabu (19/05/2021). Kegiatan, menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.



Kepala UPTD BLK Kota Parepare , Andi Pangerang mengatakan, peserta didominasi warga yang tidak memiliki pekerjaan, yang sebagian besar merupakan korban Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK), dampak pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Kegiatan yang rencananya akan digelar selama satu bulan tersebut, kata Pangerang, bersifat institusional, yang bertujuan memberikan pelatihan yang bersifat up skilling dan reskilling bagi calon tenaga kerja, baik yang berasal dari korban PHK maupun calon tenaga kerja yang baru lulus sekolah.

"Program pelatihan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja kompeten sehingga diharapkan dapat mengurangi pengangguran dan dapat menciptakan lapangan kerja baru, utamanya pada masa pamdemi saat ini," papar Pangerang .

Diklat, tambah Pangerang, terbagi dalam lima paket, diantaranya diklat menjahit pakaian dengan mesin, service handphone reparasi perangkat keras, service sepeda motor injeksi, pemasangan listik bangunan serta diklat las SMAW.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Parepare , Abd Latif mengemukakan, kegiatan juga bertujuan untuk menekan laju angka Tingkat Penganguran Terbuka ( TPT) yang selama tahun 2020 lalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Yakni dari 6,81 persen tahun 2019 menjadi 7.47 persen pada tahun 2020, dampak Covid-19.



“Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dimuat dalam buku Parepare dalam angka tahun 2021, angkatan kerja Parepare tahun 2020 sebesar 72.372 orang. Angka ini cukup tinggi dibanding angkatan Parepare tahun 2019 yang hanya 66.435,” papar latif.

Abd Latif berharap, pelatihan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta, mengingat kondisi pasar kerja yang semakin kompetitif. Ia juga meminta peserta pelatihan untuk berpikir kreatif inovatif serta membekali diri dengan skill sesuai yang dibutuhkan pasar kerja.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2958 seconds (0.1#10.140)