Penyekatan Jalur Bekasi-Karawang, 7 Pemudik Positif COVID-19

Senin, 17 Mei 2021 - 17:15 WIB
loading...
Penyekatan Jalur Bekasi-Karawang, 7 Pemudik Positif COVID-19
Tujuh pemudik positif COVID-19 setelah menjalani swab antigen di jalur penyekatan Bekasi-Karawang di Jalan Raya Renggas - Lemahabang, Kabupaten Bekasi, Senin (17/5/2021). SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Sebanyak tujuh pemudik positif COVID-19 setelah menjalani swab test antigen di jalur penyekatan Bekasi-Karawang di Jalan Raya Renggas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi , Senin (17/5/2021). Petugas gabungan melakukan penyekatan arus balik di lokasi tersebut dengan memeriksa pemudik roda dua dan empat.

”Sampai sore ini ada tujuh orang pemudik dinyatakan positif COVID-19,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah. Menurut dia, sejak awal arus balik mudik pada 13 Mei 2021, sebanyak 998 pemudik terkena penyekatan dan dites COVID-19. Hasilnya, ada tujuh pemudik yang positif hingga hari ini.

Alamsyah menjelaskan, bagi pemudik yang positif COVID-19 langsung dibawa ke tempat isolasi terpusat di Hotel Ibis dan (Hotel) Citra Inn Cikarang untuk dilakukan karantina dan baru diperbolehkan pergi jika hasilnya sudah negatif. ”Kalau yang isolasi mandiri di tempat isolasi kampung tangguh dan tempat yang memang representatif,” ucapnya.
Penyekatan Jalur Bekasi-Karawang, 7 Pemudik Positif COVID-19


Saat ini, para petugas gabungan mencegah dan mengarahkan para pemudik yang hendak melintas di Jalur Pantura Jalan Raya Rengas-Lemahabang. Mereka diminta menunjukkan kartu identitas penduduk, lalu didata sebelum dilakukan swab test. (Baca juga; Hasil Penyekatan Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek, 6 Pemudik Dirawat di RSD Wisma Atlet )

Bagi yang sudah menjalani swab test, mereka diminta menunggu hasilnya sekitar 15 menit. Jika hasilnya negatif akan diberikan surat dan dipersilakan melanjutkan perjalanan kembali. Apabila positif langsung dibawa ke tempat isolasi terpusat. (Baca juga; Banyak Warga Marah di Titik Penyekatan, Sosiolog: Mereka Frustasi )

Kapolsek Cikarang Timur Kompol Josmen Sitorus mengatakan dari data pagi hingga siang hari, ada 84 pemudik dilakukan swab test antigen. Hasilnya, terdapat satu orang pemudik positif COVID-19. ”Dari 84 pemudik di swab antigen, satu di antaranya hasilnya positif dan langsung dibawa petugas untuk karantina,” katanya.

Menurut dia, satu pemudik positif COVID-19 habis pulang mudik dari Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dan ingin kembali ke Jakarta Selatan. Atas hasilnya tersebut, pemudik yang positif Corona langsung dibawa ke Hotel Citra Inn, Lippo Cikarang, sebagai tempat isolasi.”Pemudik itu akan dilakukan isolasi selama 2 minggu. Keluarga sudah dihubungi untuk ke sini ambil motor,” ungkapnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)