Hari Terakhir Larangan Mudik, Penyeberang ke Jawa Lewat Bakuheni Mengalami Lonjakan

Senin, 17 Mei 2021 - 06:32 WIB
loading...
Hari Terakhir Larangan Mudik, Penyeberang ke Jawa Lewat Bakuheni Mengalami Lonjakan
Hari terakhir pelarangan mudik, arus penyeberangan penumpang di Pelabuhan Bakauheni mulai mengalami peningkatan. Foto/iNews TV/Heri Fulistiawan
A A A
LAMPUNG SELATAN - Hari terakhir larangan mudik lebaran , dimanfaatkan sejumlah warga untuk menyeberang dari Pulau Sumatera, ke Pulau Jawa, melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung. Hal ini terlihat dari danya peningkatan jumlah penumpang di pelabuhan tersebut.

Baca juga: Balik ke Sidoarjo-Surabaya, Pemudik Wajib Rapid Test Antigen di Terminal Purabaya

Arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Lampung, mengalami lonjakan. Berdasarkan pantauan di lapangan, tampak kendaraan pribadi roda empat dan roda dua mulai ramai melakukan penyeberangan ke Pulau Jawa.



Meski ada lonjakan jumlah kendaraan yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni, namun belum terjadi penumpukan dan antrian kendaraan di pos pemeriksaan saat petugas melakukan pemeriksaan berkas persyaratan untuk dapat menyeberang.

Baca juga: Disergap Pasukan Elit TNI-Polri, Anggota TPNPB OPM Lari Bersimbah Darah Tenteng AK-47

Data angkutan lebaran tahun 2021 di Pelabuhan Bakauheni, jumlah trip yang dilayani oleh Pelabuhan Bakauheni sebanyak 38 trip. Sementara pada hari sebelumnya sebanyak 29 trip. Jumlah pejalan kaki sebanyak 60 orang, sementara pada hari sebelumnya sebanyak 22 orang. Kemudian jumlah penumpang dalam kendaraan sebanyak 2.429 orang, sementara pada hari sebelumnya sebanyak 1.210 orang.

Untuk jumlah kendaraan roda dua sebanyak 48 unit, sementara pada hari sebelumnya sebanyak 18 unit. Kemudian kendaraan roda empat (kendaraan pribadi dan pikap) sebanyak 536 unit, pada hari sebelumnya sebanyak 211 unit. Kendaraan bus sebanyak satu unit, pada hari sebelumnya tidak ada. Dan kendaraan roda empat truk sebanyak 680 unit, sementara pada hari sebelumnya 411 unit.

Baca juga: Diduga Klaster Salat Tarawih, 17 Jamaah Masjid Al Waqar di Kota Malang Positif COVID-19

Terdapat 400 ribu orang lebih yang telah melakukan penyeberangan dari Pulau Jawa, ke Sumatera, melalui Pelabuhan Merak Banten, saat arus mudik sebelum lebaran yang diperkirakan akan kembali dalam waktu dekat. Diperkirakan arus balik penumpang di Bakauheni, akan terjadi lonjakan mulai besok hingga satu minggu ke depan.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1211 seconds (10.177#12.26)