Bandung Ramai Wisatawan, Komunitas Cosplay Kecipratan Berkah Lebaran 2021

Minggu, 16 Mei 2021 - 06:15 WIB
loading...
Bandung Ramai Wisatawan, Komunitas Cosplay Kecipratan Berkah Lebaran 2021
Sejumlah cosplayer mengais rejeki di kawasan Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (15/5/2021). Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Aktivitas wisata di Kota Bandung pada H+2 Lebaran 2021 terpantau cukup ramai seperti yang tampak di kawasan Jalan Asia Afrika dan Alun-alun Bandung.

Di kawasan tersebut, wisatawan yang umumnya warga lokal itu menikmati suasana Bandung sambil berfoto ria dengan latar belakang bangunan-bangunan bersejarah seperti Gedung Asia Afrika.

Di tengah keramaian, tampak pula puluhan cosplayer mencoba menghibur wisatawan. Mengenakan beragam kostum unik, mereka mencoba mengais berkah Lebaran dengan menawarkan diri berfoto bersama wisatawan.

Diketahui, cosplayer sendiri merupakan orang-orang yang hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi, hingga film kartun.

Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Jalan Asia Afrika dan Alun-alun Bandung memang menjadi tempat mengais rejeki komunitas cosplayer. Kehadiran mereka memberikan warna tersendiri di tengah kegembiraan wisatawan.

Terlebih, para cosplayer itu pun tak mematok tarif kepada wisatawan yang ingin berfoto dengan mereka. Berapapun imbalan yang diberikan wisatawan, mereka terima dengan ikhlas.

"Alhamdulillah, Lebaran kali ini bawa berkah," ungkap salah seorang cosplayer yang memerankan sosok hantu grim reaper.

Menurut dia, berkah yang dirasakannya tak lepas dari diizinkannya aktivitas wisata di kawasan Jalan Asia Afrika dan Alun-alun Bandung selama libur Lebaran 2021.

Kondisi tersebut, kata dia, berbanding terbalik dengan Lebaran tahun lalu mengingat kawasan tersebut benar-benar ditutup untuk umum.

"Lebaran tahun lalu gak bisa (mengais rejeki) sama sekali," ungkapnya.

Meski begitu, mereka mengaku bahwa rejeki yang berhasil diperoleh hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Harapannya, pemerintah memberikan perhatian kepada komunitas cosplay, agar mereka bisa menjalani kehidupan yang lebih baik.

"Alhamdulillah, sedikit-sedikit rejeki ada, tapi ya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari," ungkap cosplayer lainnya yang memerankan sosok suster.

Berdasarkan pantauan, wisatawan menikmati suasana libur Lebaran 2021 di kawasan Jalan Asia Afrika dan Alun-alun Bandung.

Baca juga: Viral, Perempuan Ngaku Keluarga Polisi Berkata Kasar dan Bentak Petugas saat Penyekatan

Mereka pun tampak bergembira saat berfoto ria bersama para cosplayer. Namun, sangat disayangkan, para cosplayer ini umumnya tidak mengenakan masker.

Baca juga: Tak Bisa Lepas Cincin di Jari Manis, Deni Mengadu ke Petugas Damkar Kuningan

Diketahui, selama libur Lebaran 2021, pemerintah mengizinkan aktivitas wisata di wilayah aglomerasi dimana Bandung Raya menjadi salah satu wilayah aglomerasi di Indonesia.

Izin aktivitas wisata diberikan pemerintah dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)